oleh

Pasca Dua Hakim Reaktif, PN Kelas IA Tanjungkarang Rapid Tes Masal

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasca dua hakim reaktif usai di-rapid tes, Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang pun menggelar rapid tes massal. Sasarannya: seluruh hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan sekitar.

Wakil Kepala PN Kelas IA Tanjungkarang Dadi Rachmadi menjelaskan, rapid tes tersebut diikuti puluhan pegawai. Dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut apakah ada lagi pegawai dan hakim yang reaktif.

“Karena dikhawatirkan akan adanya yang reaktif. Memang sebelumnya ada dua hakim yang mengikuti rapid tes di luar dan ternyata ada reaktif,” katanya, Rabu (30/9). Karenanya, pihaknya mengupayakan seluruh personel untuk di-rapid tes.

“Mudah-mudahan dari semua yang kami rapid ini tidak ada reaktif,” tambahnya.

Sedangkan untuk dua hakim yang reaktif tersebut kini telah diambil tes swab. Isolasi mandiri pun diwajibkan untuk tidak datang ke kantor terlebih dahulu.

“Mereka diwajibkan kerja di rumah terlebih dahulu. Tidak perlu melakukan kegiatan di kantor dulu. Ini juga untuk mengantisipasi agar tak terjadi apa-apa,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, dua hakim diketahui dinyatakan reaktif saat melakukan rapid tes pada Senin (28/9).

“Nah, pada Selasa (29/9) dilakukan tes swab. Sampai saat ini kita juga belum tahu hasilnya apakah positif atau negatif. Karena belum ada kabar di kita. Namun sudah isolasi mandiri. Kami berjaga untuk jangan sampai ada kontak dulu,” ungkapnya.

Sedangkan untuk rapid tes massal ke seluruh pegawai PN Kelas IA Tanjungkarang, pihaknya belum mengetahui hasilnya. Apakah ada yang reaktif atau tidak.

“Ya, kalau misal ada (reaktif) segera akan kami lakukan tahap selanjutnya (tes swab),” katanya.

“Karena kita tahu rapid tes itu belum tentu akurat. Itu menurut pengalaman informasi sebelumnya. Dari rapid tes ini akan kita ambil tindakan seandainya akan ada yang reaktif,” kata dia.

Pihaknya bakal segera melaporkan ke pimpinan bila ada yang reaktif. Juga ke Satgas Covid-19. “Karena ini penangananya komprehensif. Yang pasti kan sudah ada pengadilan di Lampung ini tutup juga. Kalau tidak salah di PN Kotabumi tutup beberapa hari,” lanjutnya.

Sebetulnya, lanjut dia, rapid tes sudah dua kali mereka lakukan. Yakni dua bulan lalu. “Ini dilakukan lagi hari ini. Karena sudah dua bulan jadi tes lanjutannya. Dan ini keseluruhan. Pertama itu tidak keseluruhan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kedepan seluruh pegawai dan ASN di PN Kelas IA Tanjungkarang hasilnya non reaktif semua. “Ya harapan kami seperti itu. Sama halnya juga dengan dua hakim yang reaktif. Semoga hasil tes swabnya negatif,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi