oleh

Jalinbar Semaka Masih Lumpuh, TPU Tergerus, Tiga Jenazah Terangkat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menurunkan tiga ekskavator untuk membersihkan material longsor di jalani lintas barat (Jalinbar) Semaka. Alat berat mulai melakukan pembersihan sejak Kamis dini hari (1/10).

Kapolsek Semaka Iptu Herri mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya mengatakan, dua alat berat dari Dinas PUPR dan BPBD. Satu unit dari provinsi.

“Diperkirakan siang ini, jalinbar sudah bisa dilalui kendaraan dengan bergantian,” kata Herri.

Sekretaris Kecamatan Semaka Jailani mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Untuk rumah yang rusak dan terendam, masih didata.

“Akibat banjir bandang, ada sejumlah tanggul sungai yang jembol atau ambrol,” kata Jailani.

Tidak hanya itu. Salah satu tempat pemakaman umum di Pekon Sukaraja juga tergerus. “Tiga jenazah terangkat dan sudah dievakuasi ke Puskesmas Sukaraja,” ujarnya.

Diketahui, banjir bandang dan tanah longsor kembali menghantam wilayah Kecamatan Semaka, Tanggamus, Rabu malam (30/9). Peristiwa tersebut menyebabkan jalan lintas barat (Jalinbar) putus.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam)  Semaka Jailani mengatakan, material tanah longsor menutupi jalinbar di Pekon Sedayu.

“Badan jalan lintas barat tertutup material tanah longsor, bebatuan dan pohon kayu tumbang. Panjangnya mencapai ratusan meter,” kata Jailani kepada Radar saat dihubungi sekitar pukul 21.05 WIB.

Selain longsor, banjir bandang juga menerjang Pekon Waykerap dan Sedayu. Ini disebabkan luapan sungai Way Seluang yang berada di antara perbatasan pekon. (ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi