oleh

Pemkab Tanggamus Dirikan Dapur Umum Bantu Korban Banjir Semaka

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tanggamus bergerak cepat menangani banjir dan longsor di Kecamatan Semaka.

Selain menurunkan alat berat untuk membersihkan material yang menutupi jalan lintas barat (Jalinbar), dibuat dapur umum dan posko penanggulangan bencana.

Bupati Dewi Handajani bersama Kepala BPBD Tanggamus Hamid H. Lubis dan jajaran melakukan peninjauan ke lokasi bencana.

Dalam pengarahannya Dewi Handajani mengatakan, ada sejumlah langkah dilakukan untuk penanganan banjir tersebut.

Di antaranya pembersihan jalinbar dari material longsor dengan menggunakan alat berat, menurunkan alat berat pada empat titik tanggul yang jebol di Pekon Waykerap dan Sukaraja.

Lalu pemberian bantuan bahan makanan kepada masyarakat yang terdampak banjir, mendirikan dapur umum dan melakukan inventarisasi jumlah kerugian.

“Seperti sektor pertanian, berapa luas lahan yang terdampak. Kerusakan administrasi kependudukan milik warga juga harus didata, serta berbagai hal lainnya,” kata Dewi.

Selanjutnya  penanganan permanen jangka panjang dengan mengajukan usulan perbaikan empat titik tanggul yang jebol ke Pemprov Lampung dan pusat.

Kepala BPBD Hamid H. Lubis menambahkan, khusus untuk jalinbar ditargetkan paling lambat sudah dapat dilalui kendaraan sore ini.

“Ada empat unit ekskavator dan damtruck diturunkan melakukan pembersihan jalinbar. Satu unit ekskavator berasal dari P2JN,” kata Hamid.

Hamid H. Lubis mengungkapkan, masyarakat yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan kepada korban banjir Semaka dapat menyerahkannya ke posko penanggulangan bencana di kantor kecamatan.

Sejumlah paket bantuan telah diserahkan kepada masyarakat terdampak banjir. (ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi