oleh

Sisir Lapas Rajabasa, KPU Jaring Ratusan Warga Binaan

RADARLAMPUNG.CO.ID– KPU Kota Bandarlampung mulai melakukan pendataan pemilih di Lapas-lapas. Hal ini dilakukan lantaran tindaklanjut dari arahan KPU RI beberapa waktu lalu.
Komisioner KPU Bandarlampung Kordiv Data dan Informasi, Ika Kartika mengatakan, dari kunjungannya ke Lapas Rajabasa, terdapat penambahan sekitar 200 an pemilih baru jika dibandingkan angka yang ada di Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 yang berjumlah 375 pemilih.

Diketahui, berdasarkan berita acara Nomor 413/PL.02.1-BA/1871/KPU-Kot/IX/2020, ada 640.910 pemilih yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS). Rinciannya laki-laki berjumlah 321.336 dan perempuan berjumlah 319.514 yang tersebar di 126 Kelurahan dan 20 Kecamatan. “Ada penambahan daftar pemilih dari napi yang baru. Angkanya ratusan. Kalau sudah masuk ke DPT, baru kita publish rinciannya,” kata dia, Kamis (1/10).

Dia melanjutkan, semua narapidana yang dilakukan pengecekan masih menjalani hukuman penjara dan penghuni lapas Rajabasa hingga pemungutan suara dilakukan. “Selain melakukan pendataan juga kami juga sudah memperisapkan Contoh Tempat Pemungutan Suara di Lapas,” kata dia.

Sementara, untuk menyisir kesalahan-kesalahan, kata Ika, pihaknya melaksanakan rapat koordinasi terkait persiapan rapat pleno daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) hasil uji publik yang dilaksanakan pada 19 sampai 28 September 2020. “Ada temuan data ganda dan TMS dan kita tindaklanjuti,” katanya.

Sebelumnya, Pasca rapat pleno terbuka terhadap daftar pemilih hasil pemmutakhiran (DPHP) di tingkat KPU Kabupaten/Kota (5-14 September 2020) di 8 KPU kabupaten/kota, total ada 3.890.063 pemilih di delapan daerah tersebut.

Komisioner KPU Lampung Divisi Data dan Informasi KPU Lampung Agus Riyanto mengatakan, tahapan pleno dilakukan secara berjenjang dari tingkat PPS (2-4 September 2020) dan PPK (5-14 September 2020). “Dari hasil pleno tersebut total 3.890.063 pemilih. Rinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 1.959.115 dan pemilih perempuan berjumlah 1.930.948 pemilih. (Selengkapnya lihat grafis),” ucapnya, Minggu (12/9).

Agus melanjutkan, tahapan sleanjutnya yang dilakukan adalah dilakukan pengumuman oleh PPS di tempat-tempat yang terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat.
DPS akan ditempel dan diumumkan di balai-balai kampung/desa/kelurahan atau di tempat strategis lainnya. Selain diumumkan di balai-balai kampung/desa/kelurahan, DPS juga akan diumumkan dalam laman website KPU kabupaten/kota di masing-masing daerah, termasuk di laman website KPU RI yang dapat diakses oleh siapa saja melalui hanphone android untuk mengecek apakah sudah twrdaftar dalam DPS atau belum yaitu di portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi