oleh

Waspada Banjir di Wilayah Lampung!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hujan deras disertai angin kencang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi di sejumlah wilayah. Masyarakat diminta selalu waspada terhadap kemungkinan, terutama daerah yang belum lama ini terendam.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, berdasar pantauan ahli cuaca, angin secara umum bertiup dari Timur hingga Tenggara dengan kecepatan antara 03-15 knots (05-28 km/jam).

Kemudian jarak pandang berkisar antara 3-10 km. Lalu suhu udara secara umum berkisar antara 22.0°C-32.0°C. Kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat), berkisar antara 15.0°C-30.0°C.

“Hal itu mengakibatkan secara umum wilayah Lampung berpotensi hujan disertai angin dan kilatan petir. Di antaranya wilayah Waykanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran, Lampung Selatan, Pesisir Barat, Metro, Lampung Timur, Bandarlampung, dan Pesisir Barat,” kata Rudy, Kamis (1/10).

Potensi hujan tersebut diprediksi akan terjadi dari pagi, siang, sore, malam, hingga dini hari. Seperti di wilayah Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, Pesisir Barat. Pada malam hari di wilayah Pesisir Barat dan Lampung Barat.

“Ini diprediksi akan berlangsung hingga dua hari ke depan atau tanggal 3 Oktober mendatang. Karena itu, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan. Selalu waspada terhadap dampak genangan air hingga banjir,” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi