oleh

Waduh, PAD Uji KIR Tak Sesuai Target

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, tampaknya harus mengevaluasi kinerja Dinas Perhubungan, terutama pada Pelayanan uji emisi kendaraan (Uji Kir).

Sebab, dari target yang ditetapkan sebesar Rp1,2 Miliar, hingga bulan September, PAD yang diterima hanya sebesar Rp725 juta atau sekitar 60 persen. Seharusnya, PAD Uji KIR mencapai 75 persen.

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPT PKB Dishub Kota Bandarlampung, Andy Koenang beralasan tidak tercapainya target karena alasan covid-19. “Penurunan PAD ini gara-gara covid-19,” ungkap Andy, Jumat (2/10).

Dia menjelaskan, penurunan itu, terjadi pada awal pandemi Covid-19, jumlah kendaraan yang diuji tercatat hanya di angka 200-300 pada April dan Mei. Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan Januari hingga Maret, berkisar 800-900 kendaraan.

Kemudian, berangsur pulih dari Juni hingga Agustus berkisar 400-500 kendaraan. Sementara, September kembali diangka 900 kendaraan. Dengan begitu total hingga saat ini sebanyak 9.670 kendaraan telah diuji KIR. “Mudah-mudahan bisa mencapai target,” katanya.

Andy membantah adanya kebocoran PAD dalam proses uji KIR. “Nggak ada kebocoran. Tapi memang lagi turun aja,” singkatnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi