oleh

Besok, Calon Direksi Baru BUMD Ditetapkan, PR Besar Menanti

RADARLAMPUNG.CO.ID – Besok (5/10), calon direksi tiga BUMD Provinsi Lampung yang telah melalui tahapan seleksi bakal ditetapkan. Bagi calon direksi, pekerjaan rumah telah menanti.

Penetapan calon direksi ini telah sesuai dengan jadwal kegiatn pada pengumuman nomor 01/PANSEL/DIR-BUMD-LPG/2020 tentang seleksi calon direksi BUMD dan anak perusahaan provinsi Lampung. Menurut rencana, penetapan direksi BUMD ini bakal dilakukan bersama Gubernur Lampung.

Karo Perekonomian Elvira Umihani mengatakan, lantaran tahapan seleksi BUMD telah selesai, maka sesuai jadwal besok merupakan tahapan penetapan calon direksi BUMD Lampung. Beberapa tahapan pun telah dilalui calon direksi, termasuk wawancara langsung dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi selaku pemegang saham.

“Besok jadwal penetapan calon, Kemarin sama pak gubernur semuanya calon wawancara langsung. Jadi 9 calon semua wawancara langsung,” jelas Elvira, Minggu (4/10).

Dalam seksi wawancara itu, menurut Elvira ada beberapa hal yang ditekankan Gubernur. Salah satunya soal pemulihan keuangan BUMD. Diakuinya, BUMD di Lampung ini telah melalui tahapan audit oleh BPKP. Di mana diketahui, BUMD di Lampung umumnya mengalami persoalan keuangan.

“Jadi kemarin sudah wawancara dengan Pak Gubernur mengenai kemampuan mereka dalam menginisiasi rencana bisnis di BUMD. Karena ini mengacu dengan hasil audit sebelumnya oleh BPKP, dari sana kan kelihatan masalahnya dan kita minta inisiatif penyelesaian nya bagaimana dari mereka. Kan selama ini persoalannya banyak soal kurang sehat keuangannya, jadikan harapan pak gubernur pada yang terpilih bisa menciptakan bisnis baru atau menata bisnis sekarang supaya lebih baik dan memberikan laba BUMD,” tambahnya.

Seperti diketahui, Pemprov Lampung menggelar seleksi untuk calon direksi di tiga BUMD. Di dalam pengumuman lelang, formasi jabatan yang dilelang untuk PT Wahana Rahardja yaitu posisi direktur utama; direktur umum dan keuangan; dan tidak berusaha dan jasa. Kemudian untuk PT Lampung Jasa Utama, posisi direktur utama; direktur umum dan keuangan; dan tidak berusaha dan jasa. Dan PT Lampung Energi Berjaya formasi Direktur utama dan direktur operasional.

Sementara sebelumnya telah dilaksanakan wawancara dengan pemegang saham pada 28 hingga 30 September lalu. Hal itu berdasarkan penilaian uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilakukan sebelumnya. 9 orang yang mengikuti konser dengan pemegang saham ialah untuk PT Wahana Rahardja pertama Alamsyah, kedua Antoni Ludfi Arifin, ketiga Bolly Iskandar. Kemudian PT Lampung Jasa Utama, pertama Aliza Gunado, Arvi Jatmiko, ketiga Bambang Mursalin, dan Mustopa Endi Saputra HSB. Dan PT Lampung Energi Berjaya, Budi Kurniawan dan Hermawan Eriadi. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi