oleh

Bukit Silitonga, Saksi Bisu Kisah Heroik dari Pringsewu

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bukit Silitonga atau Gunung Wungkal di Kecamatan Sukoharjo Pringsewu punya potensi alam dan sejarah.

Sukoharjo IV adalah satu-satunya wilayah di Pringsewu yang berhasil dipertahankan dari pendudukan pasukan Belanda saat Agresi Militer II. Hal ini terungkap dari penelusuran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu. Dan, Bukit Silitonga merupakan tempat Kapten Darius Silitonga dan pasukannya dengan dibantu oleh Francois Van der Linde berhasil menghalau pesawat tempur Belanda.

Bukit Silitonga  tidak jauh dari Kompleks Perkantoran Pemkab Pringsewu. Hanya dipisahkan oleh aliran sungai Way Sekampung.

Bukit itu sendiri awalnya merupakan milik Francois Van der Linde. Dia merupakan orang Belanda anggota Indische Partij dan ahli senjata. Francois berpihak dan mendukung kemerdekaan Indonesia, serta turut membantu perjuangan Kapten Darius Silitonga saat perang kemerdekaan tersebut. Salah satu anaknya  Richard Van der Linde, asal Pekon Sukoharjo IV saat ini tinggal di Pekon Kediri, Kecamatan Gadingrejo.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meminta agar warga Sukoharjo dapat bersama-sama mengembangkan potensi pekon itu. Menurutnya, lokasi tersebut adalah milik perorangan. Karenanya Pemkab hanya bisa membantu membina dan memfasilitasi.

“Kepala pekon dan BHP agar bersama-sama pemuda dan masyarakat dapat bersinergi untuk mengangkat potensi yang terpendam ini. Sekaligus dibutuhkan keberanian untuk mewujudkannya,” ujar dia.(sag/wdi)

Komentar

Rekomendasi