oleh

Danbrigif 4 Marinir/BS Akan Berikan Kuliah Umum Bela Negara Kepada Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) salah satu Perguruan Tinggi Terbaik di Lampung terus menggalakkan pendidikan bela negara bagi mahasiswa. Guna mendukung kegiatan tersebut UTI yang Institusinya telah terakreditasi Baik Sekali menjalin kerja sama dengan berbagai institusi pertahanan salah satunya dengan Brigade Infanteri 4 Marinir (Brigif 4 Mar/BS).

Kunjungan bersama tim manajemen dan dosen Universitas Teknokrat Indonesia ke Mako Brigif 4 Mar/BS di Piabung, Padang Cermin Pesawaran, Selasa, 29 September 2020.
Kunjungan melibatkan 50 orang dosen yang tergabung dalam tim manajemen mulai dari Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Lembaga dan Kepala staf administrasi. Rombongan dipimpin oleh Rektor Dr. HM Nasrullah Yusuf SE, MM didampingi Ketua Yayasan Dr. HM Mahathir Muhammad, S.E, M.M.

Kedatangan rombongan UTI disambut dan diterima langsung oleh Danbrigif 4 Mar/BS Kolonel Mar Nawawi, S.E., M.M., Perwira Staf Operasional Letkol Marinir Isna Muhsin Abdillah, Danyonif 7 Mar Letkol Mar Budi Wijani, Danyonif 9 Mar Letkol Mar James Munthe beserta jajaran.

Kunjungan ke beberapa lokasi antara lain Ketahanan Pangan Brigif 4 Mar/BS yakni area peternakan dan pertanian, melaksanakan latihan bersama menembak dan panahan, meninjau koperasi Yon Mar Black Bear Mart (Koperasi Yonif 9 Mar) dan sebagainya.

Ketua Yayasan dan Rektor beserta jajaran juga berkesempatan memberi pakan ikan di area ketahanan pangan tambak ikan air tawar. Rombongan juga melakukan foto bersama di berbagai spot area Brigif 4 Mar/BS.

Rektor mengatakan, kegiatan ini merupakan kunjungan balasan atas silaturahmi yang telah dilakukan pihak Brigif 4 Mar/BS ke kampus Universitas Teknokrat Indonesia beberapa waktu lalu. Rektor juga menjelaskan bahwa kerja sama pelatihan pendidikan bela negara ini merupakan kelanjutan dari kunjungan 60 mahasiswa berprestasi Universitas Teknokrat Indonesia ke Brigif 4 Marinir/BS tahun lalu.

“Tahun lalu 60 mahasiswa berprestasi diundang oleh Danbrigif dalam rangka pendidikan bela negara. Mereka dikenalkan dengan Alutsista, mengendarai kendaraan perang tank dan sea rader, senjata laras pendek dan panjang, dll. Dengan pengenalan lingkungan tersebut harapannya mahasiswa terbangun rasa nasionalisme dan termotivasi untuk bela negara,” papar Rektor dalam sambutan di Mako Brigif 4 Marinir/BS.

Rektor menambahkan, silaturahmi ini akan semakin memperkuat sinergi antara dunia pendidikan tinggi dengan institusi TNI terutama dalam hal bela negara, ketahanan pangan, dan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia.
“Hubungan ini harus terus dijaga untuk memperkuat proses pendidikan di Universitas terutama dalam hal penguatan kesadaran bela negara bagi mahasiswa Jelas Rektor.

Selain itu juga kerja sama dapat mendorong peningkatan kompetensi TNI dalam hal teknologi informasi, pengendalian drone, animasi, multimedia, dan Bahasa Inggris” jelas Rektor.

Tak lupa Rektor menyampaikan apresiasi atas sambutan yang diberikan oleh pihak Brigif 4 Mar/BS. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Brigif atas penyambutan yang luar biasa ini,” ujar Rektor yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Forum Rektor Indonesia (FRI).

Sementara itu Komandan Brigif 4 Mar/BS Kolonel Mar Nawawi, S.E., M.M mengaku antusias dengan kedatangan rombongan UTI ke markas mereka. Danbrigif 4 Mar/BS menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kedatangan rombongan UTI.

Di depan rombongan UTI Danbrigif menyampaikan beberapa poin terkait dengan pendidikan bela negara dan program lain yang sedang digalakkan seperti program ketahanan pangan yang meliputi bercocok tanam padi, jagung, sayur-sayuran, ternak, dan budi daya ikan. Dengan adanya kunjungan dari kampus ia berharap program tersebut dapat dijalankan dengan optimal.

“Kedatangan pihak UTI sangat berarti bagi kami. Hubungan antara kampus sang juara dengan korps kami akan makin meningkatkan kualitas institusi baik SDM maupun dalam hal program kerja,” tutur Kolonel.

Selanjutnya Danbrigif menyampaikan kesiapannya untuk memberikan kuliah umum dengan materi pendidikan bela negara bagi mahasiswa UTI. Semoga kedepannya dapat dilaksanakan.

Usai kunjungan dan silaturahmi, kegiatan dilanjutkan ke area joglo laut. Di luar dugaan Brigif dan jajarannya telah menyiapkan seremoni spesial untuk merayakan hari ulang tahun Rektor UTI yang jatuh tepat pada hari itu. Acara ditutup dengan perjalanan jalur laut menuju Keramba Jaring Apung/rumpon. Dalam kesempatan tersebut Rektor dan jajaran meninjau KJA dan memberi pakan ikan serta foto bersama.

Universitas Teknokrat Indonesia merupakan kampus terbaik di Lampung dengan telah meraih Akreditasi A dan Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). (rls/sur)

Komentar

Rekomendasi