oleh

TMMD ke-109, Kodim 0410/KBL Laksanakan Kegiatan Nonfisik Pelatihan Beladiri

 

Radarlampung.co.id – Dalam rangka Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 109 tahun 2020, Kodim 0410/KBL melaksanakan kegiatan non fisik berupa pelatihan Kebugaran PPS Beladiri Tangan Kosong (BETAKO) Merpati Putih yang merupakan salah satu warisan ilmu beladiri karya nenek moyang Indonesia asli, dan bertujuan menempa kepribadian agar berwatak dan berkepribadian luhur, berbudi, kuat, harmonis, dinamis serta patriotis, sesuai filsafat Indonesia, yaitu Pancasila.

Kegiatan diikuti sebanyak 45 orang yang dilaksanakan dilokasi TMMD ke-109 Kelurahan Garuntang Kecamatan Bumiwaras Kota Bandar Lampung, Senin pagi (05/10/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Danramil 410- 05 /TKP ( Mayor Inf Hariono ), Instruktur ( Gunawan dan Iqbal), serta Masyarakat Kelurahan Garuntang.

Pada kesempatan tersebut Danramil menyampaikan “Kami dari perguruan merpati putih ingin melatih dan memperkenalkan merpati putih kepada masyarakat Garuntang dalam pelaksanaan latihan merpati putih menggunakan pola pernapasan olah napas dasar dan setelah kita menguasai nafas dasar maka latihan berikutnya adalah nafas penyaluran, dimana kita menyalurkan tenaga yang telah kita peroleh sewaktu pelaksanaan latihan nafas dasar dengan menyalurkannya ke anggota badan sendiri ( kaki, tangan dan kepala) dengan membuat gerakan yang sangat perlahan serta penuh konsentrasi,”

“Adapun nafas penyaluran ada 5 macam yaitu nafas Garuda, nafas dorong tarik, nafas kombinasi, nafas pengarahan dan nafas listrik,” ujar Danramil.

Lanjut Danramil “Apabila melaksanakan olah napas merpati putih secara rutin badan kita akan bugar Sehat  dan peredaran darah pun akan lancar lakukan tiap pagi untuk menjaga kebugaran tubuh,” pungkasnya. (rls/ang)

Komentar

Rekomendasi