oleh

Bantuan Pompa Tenaga Surya Dari PT Bukit Asam, Petani Bisa Tanam Cabai Sepanjang Tahun

RADARLAMPUNG.CO.ID – Petani cabai di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran tidak lagi khawatir kekurangan air saat kemarau. Bantuan pompa tenaga surya, CSR dari PT Bukit Asam membuat persediaan air mencukupi.

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N., mengatakan, agar tidak terjadi loses air dari embung menuju lahan pertanian, tahun depan akan dibangun jaringan dengan panjang sekitar 1,5 kilometer. Anggarannya dari APBD Provinsi Lampung dan Balai Besar.

“Bantuan pompa ini menjawab harapan para petani pada saat kunjungan pak gubernur, Februari lalu. Selain itu,
harapannya ada CSR lain yang dapat mendorong petani kita. Dengan adanya pompa irigasi ini petani cabai bisa tanam sepanjang tahun,” kata Anca usai peresmian pompa irigasi bertenaga surya yang dihadiri Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, Selasa (6/10).

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N., saat berdialog dengan petani cabai di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Selasa (6/10). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan bantuan paket cabai untuk 100 hektare dari total luas 450 hektare lahan cabai di Desa Trimulyo

Anca menuturkan, produksi cabai di Trimulyo merupakan salah satu yang terbesar di Lampung. Bahkan mampu memenuhi kebutuhan hingga ke Jakarta.

“Bantuan pompa ini sangat menguntungkan para petani cabai. Bahkan petani yang tadinya tanam singkong, sudah beralih ke tanaman cabai. Karena ada kepastian, baik dari harga maupun ketersediaan air tadi,” tegasnya.

Diketahui, pompa irigasi bertenaga surya resmi beroperasi di embung Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, Selasa (6/10).

Ini ditandai penekanan sirine oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Irjen Purwadi Arianto, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, Plt. Bupati Pesawaran Eriawan dan Direktur Operasi Produksi PT Bukit Asam Tbk. Hadis Surya Palapa. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi