oleh

Harapan Mentan, Pertanian jadi Kekuatan Negara

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pertanian adalah kekuatan sebuah negara. Hal ini diungkapkan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

“Pertanian adalah kekuatan sebuah negara. Jika mau melihat negara baik, lihatlah pertaniannya. Begitu juga desa lihat pertaniannya. Begitu pun kecamatan maju, perbaikilah pertaniannya. Begitu juga jika melihat daerah baik, pertaniannya terakselarasi dengan baik nggak? Begitu juga mau lihat Lampung. Lampung bukan hanya untuk Lampung. Lampung pertaniannya untuk Indonesia yang semakin maju,” katanya.

Apa maknanya pertanian menjadi kekuatan, kata Syahrul, sekarang Amerika kembali memperkuat pertaniannya. “Jepang pun begitu. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini. Bayangkan Indonesia dalam kondisi Covid-19 sekarang ini, yang naik dan tumbuh untuk pendapatan negara dari semua sektor adalah pertanian. Pertanian tumbuh nyata 16,42 persen,” katanya.

Ekspor pertanian, lanjut dia, sejak Januari naik sumbang pendapatan Rp258 trilun per Juli. Pada Agustus ini Rp30 trilun. “Kondisi sekarang ini akselarasi dunia dan ekonomi melemah. Tetangga kita Sinagapura tidak pernah minus. Sekarang minus 12 persen, Malaysia minus 17 persen, Jepang 13 persen, Amerika 11 persen, Cina minus 8 persen. Kalau begitu penyangga utama kondisi sekarang ini adalah hadirnya pertanian yang semakin maju dan baik,”paparnya.

Hadirnya KPB, kata Syahrul, adalah jawaban pertanian harus semakin maju. Syahrul berharap dengan KPB para petani bisa meningkatkan produktivitasnya. (sya/wdi)

Komentar

Rekomendasi