oleh

Itera Akan Perluas dan Pertajam Riset

RADARLAMPUNG.CO.ID – Institut Teknologi Sumatera (Itera) targetkan tahun 2020 dan 2021 memperluas dan mempertajam riset untuk lebih kreatif yang tentunya menghasilkan inovasi bagi kebutuhan nyata dan solusi segera atas permasalahan masyarakat Sumatera atau yang disebut dengan program Creative Research and Innovation for Sumatera. Itera juga menggaungkan semangat kepeloporan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk Sumatera dan nasional.

Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin mengatakan, perluasan etalase keberhasilan Itera dalam Sains dan Teknologi yang selama ini hanya di Provinsi Lampung.

“Maka mulai tahun 2020 dicanangkan bahwa etalase keberhasilan sains dan teknologi akan diperluas menjadi 10 Provinsi se-Sumatera, yang bersifat terobosan (breakthrough) dan solusi pembangunan mendasar yang sangat dibutuhkan setiap provinsi,” ungkapnya saat perayaan Dies Natalis Itera ke 6, Selasa (6/10).

Rektor juga mengungkapkan 11 paket kebijakan afirmatif Itera 2020, diantaranya, perbaikan komitmen membangun dan memajukan Itera, akreditasi nasional dan akreditasi internasional, pemilihan mitra utama penyelenggaraan program studi, pemilihan mitra utama penyelenggaraan Pusat Riset dan Inovasi (Purino), dan memulai aktivitas berorientasi kompetisi dan ranking nasional/ranking dunia.

Lanjutnya, Itera juga akan segera melakukan reorientasi solusi modern permasalahan pembangunan Sumatera, serta mempertajam relevansi penerapan karya sains teknologi dan hasil inovasi Itera.

“Itera juga memandu percepatan, pembangunan sumber daya manusia (SDM), dan pembangunan ekonomi masyarakat yang secara kolektif se-Sumatera dapat meningkatkan daya saing daerah di Indonesia,” katanya.

Selain itu juga, KKN Tematik Basic Science 2020 bagi Guru dan Siswa SLTA se-Sumatera berbasis daring yakni untuk memperluas mutu kemampuan basic science guna meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi setiap provinsi.

Ia menambahkan, Itera juga bersama jejaringnya akan memandu perencanaan dan percepatan pembangunan ekonomi, wisata dan Industri dengan menerapkan prinsip pembangunan berbasis konektivitas koridor jalan tol dan kereta api yang membentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh lebih kurang 2.700 kilometer.

“Dan Internasionalisasi Itera yakni perbaikan ke dalam Itera seperti jabatan akademik, layanan kepakaran dan kesejahteraan kolektif dosen-tendik serta modernisasi manajemen Itera yang berorientasi peningkatan mutu dan akuntabilitas,” tandasnya. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi