oleh

Kasus Covid-19 Terkonfirmasi Lagi, Ini Pesan Kadiskes Tubaba

RADARLAMPUNG.CO.ID+Setelah beberapa pekan dinyatakan nihil kasus positif Covid-19, kasus terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) kembali ditemukan di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung.

Dia adalah Nn.E (34), seorang perempuan, tenaga kesehatan berstatus ASN di Puskesmas Poned Mulya Asri dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab Labkesda Provinsi Lampung tanggal 7 Oktober 2020.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan swab tersebut, Nn. E yang merupakan warga Kelurahan Mulya Asri ini ditetapkan sebagai pasien ke-15 (P-15) kasus positif Covid-19 di Tubaba. Saat ini pasien dalam perawatan tim medis di ruang isolasi RSUD Tubaba, dan selanjutnya akan  dilakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut,”ungkap Majril, S.Kep, Ns, MM, Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, melalui pesan WhatsApp, Kamis (8/10/2020).

Menindaklanjuti temuan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, pihaknya akan melakukan tracking terhadap orang – orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan P-15.

“Terhadap keluarga dan tenaga kesehatan yang kontak erat dengan Nn.E akan dilakukan pemeriksaan swab. Selain itu, akan dilakukan pula rapid test massal terhadap semua tenaga kesehatan dan non kesehatan Puskesmas Poned Mulya Asri,”terangnya.

Tidak hanya itu,  pelayanan di puskesmas tersebut juga akan ditutup sementara selama 14 hari ke depan, terhitung mulai 8 Oktober 2020 sampai dengan  21 Oktober 2020. Untuk sementara pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Poned Mulya Asri dialihkan ke Puskesmas Candra Mukti, sedangkan untuk kasus rawat inap di alihkan ke Puskesmas Poned Daya Murni-Tumijajar

“Semua petugas Puskesmas Poned Mulya Asri dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Selama itu, kita juga akan melakukan pemantauan perkembangan kesehatan mereka, jika muncul gejala klinis maka sesegera mungkin akan dilakukan penatalaksanaan lebih lanjut,”tandasnya.

Dia menambahkan terkait penetapan penambahan satu orang pasien terkonfirmasi positif (+) covid – 19/sars cov2 positif, pihaknya juga menunggu rilis resmi yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Lampung. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi