oleh

Tiga Samsat Resmi Di-launching

RADARLAMPUNG.CO.ID – Polda Lampung melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) me-launching Samsat Pesawaran, Tulangbawang Barat (Tubaba), dan Pringsewu.

Launching tersebut diresmikan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto secara virtual. Tak hanya itu saja, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Danrem 043/Gatam Brigjend TNI Toto Jumariono, beserta Forkopimda Provinsi Lampung hadir. Pun beberapa Pemimpin Redaksi (Pemred) media.

Acara launching tersebut digelar di Aula Graha Wiyono Siregar (GWS) Polda Lampung, Jl. WR. Supratman, Telukbetung Bandarlampung, Kamis (8/10).

Tak hanya melakukan launching samsat, Polda Lampung pun me-launching Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Pringsewu dan Satpas Polres Tubaba.

“Pajak merupakan komponen utama dalam pembangunan suatu daerah. Dan sebab itu Samsat sebagai salah satu sarana atau tempat penghimpunan pajak kendaraan bermotor, masyarakat harus mendapatkan perhatian khusus dari stakeholder di dalamnya,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto.

Dia melanjutkan, perhatian khusus itu berasal dari pemerintah daerah, Kepolisian, dan Jasa Raharja. Mulai dari lingkungan yang nyaman: sarana prasarana lengkap; serta pelayanan yang mudah, cepat, transparan, dan akuntabel.

“Pelayanan saat ini yang berbasis teknologi dan online, perlu koordinasi dan sinergitas antara instansi pada sistem administrasi Satu Atap atau kita kenal dengan Samsat,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, semua pihak dituntut menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi, termasuk pelayanan terhadap public. “Layanan yang semula dilakukan secara parsial dan manual berubah menjadi pelayanan yang modern dengan berbasis teknologi dan online,” tambahnya.

Koordinasi terus ditingkatkan salah satunya dengan di-launching-nya tiga Samsat dan pengoperasian dua satpas tersebut. Yang diyakini akan menjadi hal yang positif dalam peningkatan pendapatan daerah melalui pajak kendaraan bermotor dan mempermudah masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolda Lampung pun menyampaikan, peningkatan pelayanan ini diharapkan dapat semakin mempermudah, mendekatkan, dan menambah kesadaran masyarakat. Khususnya dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kendaraan bermotor seperti pengurusan SIM, STNK, membayar pajak, dan lain-lain.

Sementara itu, Kepala Cabang Jasa Raharja Lampung Margareth V.S. Panjaitan mengatakan, ketiga Samsat yang naik status tersebut adalah Samsat Pesawaran, Samsat Pringsewu, dan Samsat Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Kami menghadiri launching kenaikan status tiga samsat di Lampung yang sebelumnya kategori Samsat pembantu menjadi Samsat penuh atau Samsat Induk,” katanya

Margareth menuturkan, kenaikan status tiga Samsat ini diharapkan akan lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Khususnya wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan atau Bea Balik Nama (BBN),” kata dia.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan beasiswa sebesar Rp70 juta bagi 14 anak. Meliputi lima anak ASN non eselon, lima anak anggota Polri, dan empat anak korban Kecelakaan (Laka). Masing-masing Rp5 juta.

Untuk beasiswa bagi anak-anak anggota Polri diserahkan secara langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Anak-anak ASN non eselon beasiswa diserahkan oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto. Sementara anak-anak korban Laka, beasiswa diserahkan oleh Kepala Cabang Jasa Raharja Lampung Margareth VS Panjaitan. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi