oleh

Gairahkan Sektor UMKM, Pemprov Lampung Gelar Semarak Batik Dan Tanaman Hias

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung menggelar Pameran Semarak Batik dan Tanaman Hias 2020, di Halaman Parkir Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandar Lampung, Jumat (9/10). Kegiatan ini dimaksudkan untuk tetap menghidupkan UMKM di Lampung ditengah Pandemi covid-19.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Arinal berharap masyarakat yang ada di Provinsi Lampung dapat meningkatkan pendapatan melalui usaha kerajinan dengan memanfaatkan teknologi, yaitu pemasaran secara online.

“Saya ucapkan selamat atas upaya pemasaran Batik Lampung. Saya minta batik ini ada khas dari masing-masing Kabupaten, kemudian dikembangkan tanpa meninggalkan khas daerahnya. UKM ini tentunya akan bisa lebih bagus lagi karena pasarnya sudah tersedia, namun harus diperhatikan kualitas produknya. Kita juga punya potensi makanan dan perkebunan yaitu buah-buahan, tinggal bagaimana cara pengemasannya,” jelasnya.

Arinal juga berharap agar Bank Indonesia dapat memberikan dukungan dengan menggerakkan Bank lain untuk mendukung sepenuhnya UMKM di Provinsi Lampung dalam rangka pengembangan usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Agus Nompitu menambahkan, kegiatan ini memang sengaja dilakukan untuk melakukan promosi pada pelaku usaha ditengah pandemi Covid-19. “Kegiatan ini sebagai upaya kita salah satunya dengan semarak batik dan tanaman hias ini kita mendorong untuk mempromosikan usaha-usaha pelaku usaha UMKM kita dalam situasi pandemi covid-19 ini. Tapi kita tetap harus kreatif tetap inovatif dan ekonomi tidak boleh terpuruk,” lanjutnya.

Kemudian salah satu yang dilakukan lainnya adalah terus melakukan promosi UMKM dengan melakukan pemasaran melalui online. Pihaknya juga sudah menyiapkan kerjasama dengan marketplace termasuk juga aplikasi Pasar Berjaya.

“Intinya adalah ditengah kondisi ekonomi kita saat ini situasi pandemi covid tetapi kita harus mendorong supaya pelaku umkm tetap menjadi garda terdepan untuk menopang kekuatan Ekonomi Indonesia, kekuatan Ekonomi di provinsi Lampung,” tandasnya.

Disela-sela acara juga dilaksanakan peragaan busana yang mengadopsi batik Lampung sebagai motif utama. Selain itu juga diadakan Talk Show, Lomba Tiktok oleh masyarakat sekitar, pameran UKM dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, pemilihan stand terbaik dan beberapa kegiatan lainnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi