oleh

PSMTI Turut Ambil Bagian dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

radarlampung.co.id – Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), David Herman Jaya mengajak seluruh masyarakat Tionghoa untuk turut serta, berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi global Covid-19.

Hal tersebut diungkapkannya dalam Rakernas Ke-18 yang digelar bersamaan dengan HUT PSMTI ke 22, Jumat (9/10). Mengusung tema Pemulihan Ekonomi dan Protokol kesehatan Covid-19, kegiatan ini digelar secara daring dan serentak di seluruh Indonesia.

“Meski kita harus berkumpul secara online di masa new normal ini, tapi saya yakin pertemuan kita dalam jaringan ini tetap dapat menyatukan hati kita, mengarahkan pikiran kita dan mengerahkan tenaga kita bagi PSMTI,” katanya.

Dia mengatakan, tema Rakernas kali ini berkaitan dengan apa yang dialami bangsa Indonesia. Tema ini diangkat untuk mengingatkan masyarakat Tionghoa bahwa sebagai masyarakat Indonesia, pihaknya harus tetap berjuang untuk turut serta dalam memulihkan kondisi bangsa Indonesia.

“Sebagai organisasi tionghoa di Indonesia, PSMTI diharapkan dapat menggerakan masyarakat Tionghoa untuk terus ambil bagian dalam proses pemulihan bidang-bidang yang terdampak pandemi, khususnya ekonomi dan kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Rakernas, Christian Chandra mengatakan, ini merupakan Rakernas ke-18 yang memang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Tahun ini, Lampung ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan Rakernas ke-18 tersebut.

“Rakernas mengangkat tema pemulihan ekonomi dan protokol kesehatan. Jadi kita fokus kesana untuk membantu pemerintah agar bisa memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi. Kita juga fokus untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” katanya.

Selama masa pandemi ini, sejak bulan Maret 2020, PSMTI Lampung juga sudah melakukan berbagai kegiatan sosial. Diantaranya seperti membagikan masker kepada masyarakat, mendirikan dapur umum, kita juga mengirimkan alat perlindungan diri (APD) ke sejumlah rumah sakit yang membutuhkan.

Di samping itu, pihaknya juga turut membagikan sembako untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi global COVID-19. “PSMTI juga sudah berkomitmen untuk tetap melaksanakan bakti sosial itu, sampai pandemi ini benar-benar bisa diatasi,” katanya.

Kedepannya, dirinya berharap pandemi ini bisa lebih selesai diatasi dengan cepat. Kemudian karena rakernas ini dilakukan di seluruh Indonesia, dirinya juga berharap agar Insan PSMTI dapat lebih akur dan kompak, sehingga bisa menjadi bagian kebhinekaan untuk bertoleransi dan menjaga kerukunan dalam bermasyarakat. (Ega/yud)

Komentar

Rekomendasi