oleh

Usulkan Pembangunan Bronjong di Semaka ke Kementerian PUPR

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus mengusulkan pembangunan bronjong di Kecamatan Semaka ke Balai Besar Sungai Mesuji Sekampung. Pasalnya kerap terjadi banjir dan longsor di wilayah tersebut.

Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha mengatakan, langkah pembangunan bronjong dilakukan setelah pihaknya melakukan asessment di wilayah tersebut.

Selanjutnya BPBD Tanggamus berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai Mesuji. Hasilnya pembangunan akan diusulkan ke Kementerian PUPR.

“Assessment sudah kita lakukan. Kita juga berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai Mesuji. Dengan adanya kejadian tersebut (banjir dan longsor, Red) maka Balai Besar akan melakukan pembangunan bronjong di Kecamatan Semaka, apabila Kementrian PUPR menyetujui,” kata Ediyan M. Thoha didampingi Kabid Rehab Rekon Adi Nugroho.

Jika usulan pembangunan yang disampaikan Balai Besar Sungai Mesuji tidak terlaksana tahun ini, besar kemungkinan akan dilakukan tahun depan.

Hal sama juga akan dilakukan oleh BPBD Tanggamus. Untuk melakukan pembangunan di wilayah sungai yang ada di Kecamatan Semaka. Seperti penguatan tebing, bronjong serta normalisasi.

“Mungkin berbeda tempat nanti dengan pembangunan yang akan dilakukan Balai Besar. Sebab ada beberapa titik yang perlu diambil langkah tanggap darurat. Baik sungai yang ada di Pekon Way Kerap, Sukaraja dan lainnya,” urainya. (iqb/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi