oleh

KPU Fasilitasi Pemantau, Survey dan Hitung-Cepat

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – KPU Bandarlampung, menggelar fasilitasi dan pembekalan pemilihan untuk lembaga pemantau, lembaga survey/jajak pendapat dan hitung-cepat di Hotel Golden Tulip, Sabtu (10/10).

Acara dibuka oleh Ketua KPU, Dedy Triadi dengan narasumber Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami dan akademikus dari Unila, Darmawan Purba.

Dedy menjelaskan, ada beberapa hal yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh lembaga survey dan pemantau. “Sanksi-nya di periode mendatang tidak bisa lagi menjalankan survey atau pemantauan,” demikian salah satu poin yang ditekankan Dedy.

Darmawan Purba cukup detail menguraikan soal survey. “Analoginya, survey itu ibarat memotret. Jadi kalau misalnya memotret gunung, maka hasilnya tentu gunung. Kalau misal hasilnya air terjun, maka bisa jadi lensa kameranya bermasalah,” ibarat dia.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pemantau pemilu dari Mappilu-PWI Lampung. Yulius Putra, relawan Mappilu, menyambut baik kegiatan ini.

“Kegiatan ini menjadi salah satu parameter pilkada yang positif dimana KPU memberi fasilitasi yang cukup untuk kerja-kerja survey dan pemantauan,” ujar wartawan yang sehari-hari mengampu Surat Kabar Harian Zona Lampung tersebut. (rls/fik/yud)

Komentar

Rekomendasi