oleh

Luar biasa, Universitas Teknokrat sabet juara Umum Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid

RADARLAMPUNG.CO.ID – Robot Sepak Bola Indonesia karya cipta Mahasiswa Teknokrat Indonesia, perguruan tinggi swasta terbaik di Lampung, berhasil memboyong 3 piala dalam ajang bergengsi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, yang digelar 7-8 Oktober 2020.

Event yang diselengarakan pusat prestasi nasional Kementrian Riset Teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) RI dan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut, Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) memborong juara dari semua kategori sekaligus.

UTI membawa pulang gelar Juara satu untuk kategori KRSBI Humanoid Menggiring Bola dan KRSBI Kategori Lari, serta juara dua KRSBI Kerjasama robot. Atas dasar tersebut, menetapkan UTI untuk melenggang ke ajang nasional.

“Kontesnya KRSBI Humanoid, diselenggarakan dalam dua wilayah dan satu nasional. Yang baru saja kita ikuti wilayah 1, meliputi sumatera, Jawa bagian barat dan sebagian Jawa Tengah,” ujar Pembimbing divisi KRSBI Humanoid UTI Maulana Aziz Assuja.

Maulana menjelaskan, diikutinya kompetisi tersebut untuk meningkatkan keilmuan dan kreatifitas mahasiswa di bidang robotika. Dalam kontes ini, mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan kemampuan dalam bidang mekanika, manufaktur, elektronika, pemograman, artificial intelligent, image processing, komunikasi digital, strategi, kemampuan meneliti dan menulis artikel.

Sekaligus diperlukan pengembangan ke arah disiplin, toleransi, sportifitas, kerjasama, saling menghargai, kontrol emosi dan kemampuan softskill lainnya.

“Ini tidak hanya sebagai Implementasi kebijakan Kampus Merdeka. Namun juga untuk meningkatkan prestasi dan rangka pengembangan kompetisi di era Revolusi Industri 4.0, Society 5.0. Kami berharap bisa meraih hasil yang lebih baik di Nasional nanti,” pungkasnya. (rls/Des/yud)

Komentar

Rekomendasi