oleh

Cium Potensi Bahaya, Dewan Minta Tanggul Way Awi ll Diperbaiki

RADARLAMPUNG.CO.ID- Kerusakan tebing sungai Way Awi II, di Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong jadi perhatian Komisi III DPRD Tanggamus.

Anggota Komisi III DPRD Tanggamus, Azmi mengaku akan mengupayakan perbaikan tanggul sungai Way Awi II pada 2021 mendatang.

“Tebing sungainya memang sudah terkikis dan membahayakan rumah warga. Untuk itu, kedepan akan kita dorong dan upayakan perkuatan tebing melalui Dana APBD Tahun 2021,” kata Azmi.

Anggota DPRD Asal Kecamatan Bandar Negeri Semuong ini menuturkan, perkuatan tebing sungai perlu dilakukan. Mengingat aliran sungai sudah dangkal dan mengarah ke tebing tersebut.

“Tebing yang tergerus ini dekat dengan jembatan Way Awi II, yang merupakan akses jalan lintas barat. Nah, kalau tebingnya nggak di kuatin takutnya akses jalan lintas barat juga bisa putus. Untuk itu perbaikan akan kita prioritaskan,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, tebing sungai Way Awi II, di Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong kian terkikis. Kondisi tersebut membuat warga yang tinggal disekitar sungai khawatir.

“Sekarang tebing sungainya sudah sangat dekat dengan rumah, kalau tidak segera diperbaiki bisa-bisa rumah warga ikut ke bawa longsor,” ungkap Iwan, warga setempat.

Menurutnya, Tebing sungai Way Awi sempat longsor pada Mei lalu. Hal itu akibat belum adanya talud penahan tebing.”Sudah setengah tahun longsornya, tapi sampai sekarang belum diperbaiki. Jadi tiap banjir terus terkikis,” ujar Iwan.

Selain belum adanya talud penahan tebing, lanjut Iwan, air sungai Way Awi II memang sudah dangkal serta aliran air yang berkelok-kelok. “Panjang tanggul yang terkikis ini berkisar 20-30 meter, dengan tinggi sekitar 10 meter,” kata Iwan.

Tebing yang tergerus, kalau tidak segera diperbaiki maka jembatan juga terancam putus. “Untuk itu kami berharap agar pemerintah segera membangun talud atau bronjong,” pungkasnya. (ehl/uji/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi