oleh

Ingat Ya, Pendukung Cawalkot Nonton Debat Lewat TV

RADARLAMPUNG.CO.ID- KPU kota Bandarlampung menekankan kepada seluruh pendukung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung agar tidak mendatangi Hotel Sheraton, saat berlangsungnya Debat Kandidat pada Rabu (14/10).

Kordiv Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kota Bandarlampung, Fery Triatmojo mengatakan, hal tersebut lantaran mengantisipasi klaster penyerbaran Covid-19 dalam pilkada, mematuhi regulasi-regulasi sebagaimana tercantum pada PKPU nomor 6, 10, dan 13 tahun 2020.

“Sebab debat kandidat ini juga ditayangkan di televisi, juga live streaming di media sosial KPU kota. Pendukung setiap paslon tidak boleh hadir, meski di luar area debat kandidat,” ucapnya, Senin (12/10).

Fery melanjutkan, pada debat kandidat yang berlangsung selama 120 menit itu juga baru akan diumumkan panelis yang berasal dari umaur akademisi, praktisi, atau tokoh masyarakat yang independen. “Iya nanti CV nya diumumkan sebelum debat dan kita pastikan panelis dan moderator tidak akan berpihak ke salahsatu paslon. Sebab, track recordnya sudah kita lihat. Untuk teknia muatan materi debatnya masih di tim,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, Ketua Bawaslu Kota Bamdarlampung, Candrawansyah menekankan pelaksanaan debat kandidat harus netral dan terhindar dari panelis dan moderator yang memihak kepada salahsatu paslon. “Hingga sekarang kami belum tahu nama-nama panelisnya. Namun, tentunya harus kredibel, berintegritas dan tentunya harus netral,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPU Kota Bandarlampung sedang menyiapkan pelaksanaan debat kandidat Paslon Wali Kota Bandarlampung.

Komisioner KPU Kota Bandarlampung, Kordiv Teknis dan Penyelenggaraan Fery Triatmojo memgatakan, pada tahap pertama dilakukan debat kandidat antara Calon Wali Kota yang rencananya digelar Rabu (14/10) di Hotel Sheraton. “Nantinya di awal ini, akan ditekankan materinya soal meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah, kota Bandarlampung tentunya,” ucapnya, Kamis (8/10).

Kemudian, sambung Fery pada tahap kedua, dilakikan debat kandidat antara calon wakil wali kota. Di mana tema yang akan diangkat adalah meningkatkan pelayanan publik, memperkokoh NkRI dan Kebangsaan pada Rabu (16/11) di Hotel Emersia.

“Tentunya, persoalan Covid-19  juga akan dibahas. Itu di sesi ketiga. Debat kandidat antara paslon. Keduanya, calon wali kota dan calon wakilnya. Yakni kebijakan dan strategi penamganan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19, serta penyelesaian persoalan daerah lainnya,” kata dia.

Sementara, dalam debat kandidat nanti, KPU menghadirkan moderator independen Regina Valeria Putri, lulusan Sarjana pendidikan bahasa inggris Universitas Sriwijaya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi