oleh

Hasil Pemutakhiran, Pemilih Lambar Tambah 800 Orang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Meski belum melaksanakan tahapan pemilihan umum (Pemilu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat tetap melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB) setiap bulan.

Kegiatan ini mengacu pada surat edaran (SE) KPU RI Nomor 118 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2020.

Ketua KPU Lambar Arispah mengungkapkan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan setiap bulan ini bertujuan untuk memperbaharui data guna mempermudah proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu selanjutnya.

Untuk kegiatan ini, pihaknya berkoordinasi dengan instansi pemerintah daerah. Dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Setiap bulannya kami koordinasi dengan Disdukcapil untuk meminta updating hasil pelayanan administrasi kependudukan. Seperti penduduk pindah datang, pemilih pemula, perubahan identitas, perubahan status pekerjaan TNI/Polri, perubahan alamat dan data kematian. Alhamdulillah sejauh ini koordinasi berjalan baik,” kata Aripsah di ruang kerjanya, Rabu (14/10).

Proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut berdasar DPT hasil perbaikan pada Pemilu 2019, 211.793 mata pilih. Terdiri dari 110.946 pemilih laki-laki dan 100.842 perempuan.

”Untuk hasil pemutakhiran yang kami  lakukan per September 2020, ada penambahan sekitar 800 pemilih,” urainya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi