oleh

Bertambah 6 Pasien Covid-19, Diskes Tubaba Rapid Test Massal Pegawai Puskesmas

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melakukan rapid test massal terhadap seluruh tenaga kesehatan dan non kesehatan yang bertugas setiap puskesmas di daerah setempat. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap penyebaran penularan Covid-19 di kalangan tenaga kesehatan, sebab hingga saat ini sudah 2 (dua) orang tenaga kesehatan di Tubaba yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data dan informasi dari Kepala Dinkes Tubaba, diketahui bahwa tenaga kesehatan pertama adalah Nn. E (34), berstatus ASN di Puskesmas Poned Mulya Asri yang ditetapkan sebagai pasien ke-15 (P-15) Covid-19 di Tubaba setelah dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab Labkesda Provinsi Lampung tanggal 7 Oktober 2020. Lalu, hasil tracking terhadap P-15 didapatkan kasus baru yakni Ny. DR (34), warga Pulung Kencana-Tulang Bawang Tengah, yang juga merupakan tenaga kesehatan di puskesmas yang sama.

Ny. DR ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19 ke-16 (P-16) di Tubaba berdasarkan hasil pemeriksaan swab pada Labkesda Provinsi Lampung tanggal 12 Oktober 2020.”Atas dasar itu, kami Dinas Kesehatan melakukan rapid test massal, baik terhadap tenaga kesehatan maupun non kesehatan di seluruh puskesmas, termasuk pegawai Dinas Kesehatan. Jumlahnya ada sekitar 900-an, jadi kami tinggal menunggu laporan dan yang reaktif akan langsung di uji swab,”ungkap Majril, S.Kep, Ns, MM, Kepala Dinkes Kabupaten Tubaba kepada Radar Tuba, Kamis (15/10/2020) sore.

Tidak hanya P-16 saja, hasil tracking terhadap P-15 (Nn. E) juga ditemukan 4 (empat) pasien positif Covid-19, yakni Ny. SM (34), Nn. VT (29), Ny. AS (39), dan Ny. LS (63). Keempat pasien yang juga dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab pada Labkesda Provinsi Lampung tanggal 12 Oktober 2020 tersebut ditetapkan sebagai P-17, P-18,P-19, P-20, dan keempatnya masih ada hubungan keluarga dengan P-15.”Untuk P-16, P-17, dan P-19 dilakukan perawatan oleh tim medis di ruang isolasi RSUD Tubaba, sedangkan P-20 dan P-18 dirujuk ke RSUD Abdoel Moeloek-Bandar Lampung dikarenakan ada penyakit penyerta,”sebutnya melalui pesan WhatsApp.

Terbaru, lanjutnya, ditemukan kembali kasus positif Covid-19, yakni Ny. S (45), warga Mulya Asri- Tulang Bawang Tengah. Hal ini diketahui berdasarkan informasi dari pihak rumah sakit yang merawatnya, yakni Rumah Sakit Yukum Medical Center (RS YMC). Menurutnya, pasien ini beserta keluarga tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah dan tidak ada riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19. Informasi yang didapat dari pihak RS YMC, lanjut Majril, pasien memiliki keluhan batuk 3 hari, batuk kering, demam, badan lemas, mual, nafsu makan menurun.”Kalau hasil rapid test menunjukkan non reaktif, namun hasil rontgen paru didapati gambaran pneumonia, sehingga dokter spesialis menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan swab karena pasien didiagnosa suspek covid-19.

“Dan hasil pemeriksaan swab  tanggal 14 Oktober 2020 menyatakan terkonfirmasi positif covid-19/SAR cov2 Positif dan saat ini Ny. S masih di rawat di RS YMC Bandar Jaya. Jadi, dengan penambahan satu pasien ini yang kita tetapkan sebagai P-21, maka jumlah pasien  positif Covid-19 di Tubaba yang sedang menjalani perawatan berjumlah 7 orang, yakni di RSUD Tubaba 4 orang, di RSUD Abdoel Moeloek 2 orang, dan di RS YMC 1 orang. Selanjutnya akan  dilakukan tracking terhadap orang – orang yang pernah kontak erat dengan 6 orang pasien tersebut,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi