oleh

Kunjungan Anggota DPR RI, Pemkab Pesawaran Paparkan Pengembangan Komoditas Unggulan 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin didampingi Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy dan Direktur Jenderal Perkebunan Kasdi Subagyono melakukan kunjungan kerja ke BUMD Pesawaran di hortipark Desa Negerisakti, Kamis (15/10).

Plt. Bupati Pesawaran Eriawan melalui Asisten II Bidang Ekobang Pathurrozi mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap sektor perekonomian. Termasuk pertanian.

Sementara peningkatkan produktivitas sektor pertanian menjadi tantangan tersendiri bagi Pesawaran

“Cabai sebagai komoditas unggulan dengan luas lahan sekitar 450 hektare di Trimulyo, Tegineneng menjadi penyokong kebutuhan. Bahkan hingga luar Lampung,” kata Pathurrozi

Selain itu, Pemkab Pesawaran melakukan percepatan tanaman padi. Saat ini tengah dikembangkan budidaya padi organik dengan membuat demplot percontohan.

“Ada tiga lokasi demplot padi organik. Yakni di Desa Waylayap, Karanganyar dan Bunut dengan rata-rata produksi 443 ton per hektare untuk panen padi organik,” urainya.

Kakao juga, lanjut Pathurrozi, menjadi komoditas unggulan untuk dikembangkan. Namun saat ini menghadapi masalah klasik seperti tanaman tua dan rusak.

Potensi luas tanaman kakao di Pesawaran sekitar 27.415 hektare. Untuk itu, dilakukan peremajaan tanaman. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi