oleh

Harga Singkong Rp8/Kg, Pemkab Mesuji Bakal Undang Pemilik Lapak

RADARLAMPUNG.CO.ID-Harga singkong di Kabupaten Mesuji saat ini Rp800 per kilogram. Jebloknya harga singkong ini jadi sorotan pemkab setempat. Pemkab berencana membicarakan persoalan ini dengan perusahaan tapioka dan pemilik lapak.

“Ya Dalam waktu dekat kita akan coba undang pihak-pihak terkait untuk duduk bersama membahas harga singkong ini,” kata Arif Arianto, Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji via ponselnya, Minggu (18/10).

Arif menyebut banyak faktor yang menyebabkan harga komoditas singkong turun. Salah satunya, terkait penawaran dan permintaan. “Dua hal ini tak bisa dipisahkan. Terutama berkenaan dengan kualitas singkong dan pengaruhnya terhadap harga. Termasuk jenis varietas, pola pemeliharaan, juga perlakuan,” terang dia.

Yanto salah satu petani singkong di Mesuji berharap pemkab bisa melindungi para petani dengan mengupayakan peningkatan harga pada pengusaha. “Lapak-lapak itu bilang, harga singkong ini turun karena di pabrik sana juga turun,” ucap dia

Namun meski harga turun, petani tak ada pilihan lain untuk harus tetap memanen. Sebab kalau tidak dipanen usia singkong akan semakin bertambah menyebabkan kualitasnya menjadi kurang baik. “Ditambah pula ladang menjadi terlambat diolah kembali,” katanya. (muk/wdi)

Komentar

Rekomendasi