oleh

Dua ASN Dilaporkan ke Bawaslu Kota

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dua orang ASN dilaporkan ke Bawaslu Kota Bandarlampung, Senin (19/10). Pelapornya adalah Jaringan Pendidik Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Lampung dan Komite Pemantau Kebijakan dan Anggaran Daerah (KPKAD).

Kedua ASN yang dilaporkan tersebut adalah Kepala Bappeda Kota Bandarlampung Khaidarmansyah dan Lurah Kemiling Permai Wanjaya. Keduanya dilaporkan atas dugaan ketidak netralan ASN.

“Kita terima dua hari lalu dari relawan dan kami melayangkan laporan ini fokusnya adalah netralitas ASN. Dimana isinya adalah pejabat Negara, Pejabat Aparatur Sipil Negara, dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang Membuat Keputusan dan/atau Tindakan yang Menguntungkan atau Merugikan salah satu calon selama masa kampanye,” papar Koordinator JPPR Lampung Ervan Zain, saat menyerahkan laporan di Bawaslu Kota Bandarlampung.

Dia meminta Bawaslu untuk menindaklanjuti hal tersebut. Dimana, dia juga berharap Bawaslu bisa menemukan fakta-fakta. Dimana ketika kaitannya dengan sanksi pidana, hal tersebut bisa ditindaklanjuti secara tuntas.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansyah mengatakan setelah menerima lapran akan mengecek terlebih dahulu dan bakal mengklarifikasi pihak-pihak terkait. “Yang jelas, ASN tidak boleh share foto paslon. Jika dalam pembahasan ada dugaan ke ranah pidana ya akan kita bahas di Gakkumdu,” ucapnya.

Menurut Candra, jika tidak ditemukan unsur pidana, maka pihaknya akan melaporkan ke KASN untuk rekomendasi ASN yang bersangkutan. “Masih berproses registrasi, tapi yang Lurah Kemiling Permai sudah teregistrasi,” katanya.

Sebelumnya beredar screenshot akun whatsapp yang diduga milik Khaidarmansyah. Akun tersebut diduga meneruskan gambar kampanye pasangan calonkada di sebuah grup. Terkait hal ini Khaidarmansyah enggan berkomentar banyak. “Mohon maaf, saya enggak komentar. Tolong dimaklum,” katanya saat dikonfirmasi via whatsapp oleh radarlampung.co.id Senin (19/10).

Sementara, Lurah Kemiling Permai Wanjaya diduga berpose di salah satu posko pemenangan bersama tim pemenangan.  Wartawan sempat mendatangi kantor Wanjaya Senin (19/10) namun, Wanjaya tidak beada ditempat. Sementara saat dikonfirmasi melalui ponselnya terkait dugaan foto Bersama tim pemenangan, Wanjaya mengaku tengah tidak enak badan. “Nanti saja ya, saya lagi gak enak badan,” katanya Senin (19/10). (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi