oleh

Lampung Sebagian Masuk Musim Hujan, Sebagian Pancaroba

RADARLAMPUNG.CO.ID-Cuaca beberapa daerah di Lampung di prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung di prediksi sudah masuk ke musim penghujan, sebagian masih dalam kondisi pancaroba.

Hal ini disampaikan Kasi Data Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto mengatakan kepada radarlampung.co.id Senin (19/10) melalui sambungan telefon selulernya. “Untuk Lampung sudah masuk awal musim penghujan, kecuali Lampung bagian selatan seperi Bandarlampung, Lampung Selatan, pesawaran, metro yang diperkirakan awal masuk penghujannya awal November 2020,” beber Rudi.

Untuk daerah Lampung bagian selatan tadi, tambahnya, saat ini masuk pancaroba. Di mana masuk pada kondisi peralihan musim kemarau ke musim penghujan. “Pancaroba ini kan pagi atau siangnya panas namun sorenya hujan. Kemudian yang perlu di waspadai adalah angin kencang, puting beliung juga yang bisa menyebabkan pohon tumbang dan kilat dan petir yang terjadi akibat pergerakan awan-awan yang datangnya sangat cepat sekali,” lanjutnya.

Sementara musim penghujan secara merata akan mulai datang ke seluruh daerah di Lampung pada awal November hingga puncaknya diprediksi pada Januari 2021 mendatang.

Lain halnya selama 2020, tambah Rudi, kondisi musim kemarau di Lampung masuk kategori kemarau basah. Di mana ada peningkatan curah hujan dibandingkan tahun sebelumnya. “Kebetulan 2020 ini kan kemaraunya cenderung kemarau basah, jadi ada peningkatan jika dibandingkan kemarin-kemarin saja,” lanjutnya.

Ditanyai soal kekeringan yang akan terjadi, Rudi menyebutkan kemungkinan yang terjadi justru potensi banjir di Lampung.

“Kekeringan untuk di Lampung si secara umum cenderung idak mengalami kekeringan, berdasarkan evaluasi data hujan relatif rata di musm hujan kemarin. Apalagi sekarang di wilayah Lampung bagian barat dan utara sudah ada hujan. Kita perkirakan masih ada hujan menengah itu hanya di Lamsel saja. Kalau Desember sudah statusnya kita perkirakan Lampung bagian barat, utara sudah status hujan tinggi. Dan di wilayah selatan uga masuk menengah hingga tinggi.. dan hampir semua wilayah di Lampung sudah ada hujan dengan intensitas menengah hingga tinggi. Maka yang perlu diantisipasi saat musim penghujan ya bencana biasanya berupa genangan, banjir, banjir bandang, dimungkinkan tanah longsor,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi