oleh

TPA Bakung Bakal Dikelola PT WIKA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Kelurahan Bakung direncanakan akan dipihakketigakan, bekerja sama dengan PT Wijaya Karya (WIKA).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Sahriwansyah mengatakan, langkah itu sebagai upaya dalam meningkatkan potensi pendapatan asli daerah dan sebagai peningkatan dalam persoalan pengelolaan sampah di Kota Tapis Berseri.

“Kita tengah menjalin komunikasi dengan PT Wijaya Karya (WIKA) yang nantinya akan menjadi pihak ketiga dalam pengelolaan sampah di TPA Bakung. Pengelolaan sampah oleh PT WIKA ini harapannya juga dapat menambah pemasukan PAD,” katanya.

Disebutkannya, pengelolaan sampah dilakukan di TPA Bakung dengan luas 14,3 hektar itu masih aman untuk menampung sampah hingga 10 tahun lagi. “Yang dibagian belakangnya itukan masih jurang. Dari 14,3 hektar itu, baru sekitar 8 hektar yang terpakai atau terisi. Per hari menampung sampah sebanyak 800 ton,” jelasnya.

Ditegaskannya, hingga saat ini belum direncanakan, untuk penambahan TPA, karena TPA Bakung masih potensial menjadi tempat pembuangan sampah hingga 10 tahun kedepan. Bahkan, disebutkannya, pihaknya juga melalui PD Kebersihan bekerja sama dengan Kementerian PUPR, akan merevitalisasi dengan membangun instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT).

“Pembangunan IPLT-nya akan dimulai pada Januari 2021 dengan anggaran Rp15 miliar lebih. Yang seluruh kegiatan pembangunannya dibawahi oleh Kementerian PUPR, baik proses tender sampai dengan selesai,” tandasnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi