oleh

Herman HN Persilahkan Bawaslu Periksa ASN Tak Netral

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menyikapi beradarnya dugaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung yang mendukung salah satu calon walikota Pilkada 2020, Walikota Bandarlampung Herman HN persilahkan Badan Pengawa Pemilu (Bawaslu) melakukan pemeriksaan terhadap anak buahnya.

“Sejak Juli 2020, sudah ada surat edaran dari saya soal netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Netral dalam arti mengajak-mengajak, soal dia memilih ya dia tetap memilih,” katanya, Selasa (20/10).

Dia mempersilahkan Bawaslu melakukan pemeriksaan. Bahkan, dirinya pun sudah meminta konfirmasi secara langsung dan diperiksa oleh Inspektorat Bandarlampung terhadap dua orang bawahannya, yang diduga tidak netral itu.

“Silahkan laporkan saja nggak papa, sudah saya panggil semua. Bappeda itu anaknya yang mainin handphonenya. Dia lagi keluar, handphonenya ditinggal, anaknya mainin handphonenya,” ujarnya.

Sementara, untuk Lurah Kemilingpermai, berdasarkan pengakuannya, kegiatan foto bersama terjadi tidak disengaja, lantaran diajak berforo saat sedang keliling-keliling terkait penanganan Covid-19. Tak lama, setelah selesai foto, langsung pergi.

“Kalau Lurah itu, dia cuma lewat. Kan, memang saya suruh untuk keliling-keliling karena Covid-19, ada yang narik dia untuk foto ya dia foto. Udah itu dia langsung pergi. Ya, itu pengakuannya,” ujarnya.

Sementara, Inpektur Inspektorat Kota Bandarlampung M. Umar mengatakan, pihaknya akan memintai keterangan atas kedua ASN tersebut. Barulah akan menentukan sanksi apa yang akan diberikan kepada keduanya. “Terkait sanksi, kita liat dulu tingkat pelanggarannya seperti apa,” ringkasnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi