oleh

Pasien Positif Covid-19 Tambah Lima Orang, Pasar Gisting Ditutup

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Tanggamus meningkat. Lima orang hasil tracking S (60), warga Kecamatan Gisting dinyatakan positif terpapar virus Corona.

Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, informasi terbaru, ada penambahan lima orang dari Gisting.

“Total ada 49 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanggamus. Semoga tidak terjadi lagi penambahan dan pandemi virus Corona segera berlalu,” kata Dewi saat menerima kunjungan Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Mar. Nawawi, Selasa (20/10).

Sementara itu, juru bicara tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan, tim UPTD Puskesmas Gisting dan Dinas Kesehatan melakukan tracking menggunakan metode RT-PCR terhadap kontak erat dengan pasien 042.

“Didapat 14 orang yang kontak erat dengan pasien. Lima di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Eka.

Lima orang itu adalah NA, wanita berusia 20 tahun yang tercatat sebagai pasien 045, RA (9), pasien 046 dan AD (12), pasien 047.

Kemudian SS (38), wanita itu pedagang di Pasar Gisting yang tercatat sebagai pasien 048 dan S (62), pasien 049 yang  berprofesi sama.

“Untuk menghindari penyebarluasan penularan virus Corona, pasien-pasien tersebut di isolasi di RSUD Batin Mangunang,” urainya.

Dilanjutkan, untuk memutus rantai penularan virus Corona, Satgas Tanggamus mengambil sejumlah langkah antisipasi.

Ini menindaklanjuti surat nomor 360/1147/40/2020 yang ditandatangani Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis.

Antara lain rapid tes massal di Pasar Gisting, Selasa (20/10) dan dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan.

“Lalu penutupan sementara Pasar Gisting selama tiga hari, mulai 21-23 Oktober. Kemudian Operasi Yustisi untuk penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, Sabtu (24/10) di Pasar Gisting,” sebut dia. (ehl/ral/ais)

Komentar

Rekomendasi