oleh

Sukses Panen Jagung Bareng Petani, Bupati Tubaba : Kami Bangga !

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad, S.P. panen jagung bersama pimpinan dan anggota dewan setempat di lahan persawahan Gajahmati, Tiyuh Gading Kencana, Kecamatan Tulangbawang Udik, Selasa (20/10). Kebun jagung yang dipanen menggunakan pupuk kandang bantuan bupati Tubaba dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Lahan yang dipakai sebagai media menanam jagung tersebut juga di areal persawahan irigasi yang terletak di Kecamatan Tumijajar, Kecamatan Tulangbawang Tengah, dan kecamatan yakni Tulangbawang Udik. Hasilnya sangat memuaskan yakni mencapai 7-8 ton per Ha. Para petani yang menempati lahan sekiar 1.066 Ha dengan jumlah petani mencapai 1.441 orang ini sangat beruntung lantaran hasil yang diperoleh sangat baik yakni mencapai 7-8 ton/ha didukung dengan harga jagung mulai dari Rp2600-Rp2800/kg.

“Hasil yang diperoleh para petani ini membuat kami sangat bangga. Karena dengan keberhasilan ini tentu menunjukkan bantuan berupa pupuk kandang yang telah mendapat perlakukan khusus ini mempunyai dampak yang sangat positif,”ungkap Umar di hadapan ratusan petani yang hadir.

Umar melanjutkan, yang membuat juga bangga adalah lahan tersebut saat ini memang tidak sedang mendapat air akibat dari perbaikan saluran irigasi way Rarem, sehingga petani dituntut lebih kreatif. Hasilnya petani menanam jagung yang langsung dapat membantu ekonomi keluarganya. “Ini adalah keunggulan Tubaba, petaninya guyub, kreatif, begitu juga warganya. Kreatifitas semacam ini sangat baik, karena panen jagung dengan hasil yang maksimal semacam ini juga merupakan wisata yang harus dikelola secara profesional. Bayangkan kelak akan ada orang yang datang untuk belajar menanam jagung di sawah dengan hasil 15-20 ton, tentu mereka akan ke tempat kita,”terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Tubaba, Ir. Syamsul Komar merincikan bantuan pupuk kandang tersebut disalurkan melalui 62 kelompok tani. Dengan rincian di Kecamatan Tumijajar kepada kelompok tani di 8 tiyuh dengan luas lahan seluas 621 hektar, di Kecamatan Tulangbawang Tengah kepada kelompok tani di 8 tiyuh dengan luas lahan seluas 312 hektar, serta di Kecamatan Tulangbawang Udik kepada kelompok tani di 2 tiyuh dengan luasan lahan seluas 133 hektar. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi