oleh

Kartu Petani Berjaya Resmi Dilaunching di Waykanan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Kartu Petani Berjaya ( KPB red ) diluncurkan di Kabupaten Way Kanan Rabu (21/10). KPB merupakan program Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Pjs. Bupati Way Kanan Mulyadi Irsan menghadiri launching KPB tersebut. Hadir pula Rektor Universitas Bandar Lampung Yusuf Sulfarano Barusman dan perwakilan forkopimda Waykanan.

“Kepada semua dinas terkait, Camat, Kepala UPT dan PPL ikut mendukung dan membantu program ini dan di Tahun mendatang bisa bertambah di Kecamatan-kecamatan yang lain. Dimana sektor pertanian merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Way Kanan, dan mempunyai peranan strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat”, ucap Mulyadi Irsan.

Mulyadi juga menyampaikan berbagai komoditas dapat dikembangkan. Baik komoditas tanaman pangan yang merupakan komoditas strategis ketahanan pangan maupun komoditas holtikultura. Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah pusat yang terus memberikan prioritas dan fokus pada pengembangan sejumlah komoditas. Khususnya tanaman pangan yang sangat prospektif untuk dikembangkan. Begitu juga tanaman palawijaya dan jenis-jenis tanaman holtikultura sangat memungkinkan untuk terus dikembangkan dari sisi kuantitas maupun kualitas produksi.

Untuk dketahui, Kecamatan Bahuga dan Buay Bahuga adalah kecamatan yang akan menjadi uji coba program KPB di Kabupaten Way Kanan. Hal ini sebagai langkah lanjutan setelah program penebusan pupuk bersubsidi melalui billing system yang telah berhasil dilaksanakan di kecamatan tersebut. Adapun data peserta KPB yang telah diusulkan di Kecamatan Buay Bahuga terdiri dari 4 kampung, 67 kelompok tani, 1.689 petani, luas lahan 1.325 hektar dengan komoditas padi.

Kecamatan Bahuga terdiri dari 3 kampung, 40 kelompok tani, 902 petani, luas lahan 700 hekter dengan komoditas padi. Total yang telah diusulkan adalah 107 kelompok tani, 2.591 petani, dengan luas lahan 2.025 hektar. Percobaan KPB di Kabupaten Way Kanan akan dilaksanakan dalam membentuk komunitas petani dalam satu Corporate Farming dan Integrated Farming.

Pjs Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny. Drg. Hellen Veranica Mulyadi juga melakukan penyerahan Claim AUTP sebesar Rp 892.950.000 per 148,83 Ha Periode Januari sampai dengan September 2020 atas nama Sayuno Poktan Sri Harjo 2 untuk Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau, Claim AUTP sebesar Rp 56.500.000 Periode Januari sampai dengan September 2020 atas nama Waiyan Poktan Puji Rahayu, Bantuan Alsintan pasca panen 2020 berupa Combine Harvester 8 Unit sebesar Rp 1.148.045.000, Cornseller 7 Unit sebesar Rp 169.180.000 dan Powe Traiser 7 Unit sebesar Rp 231.995.000 serta KUR BRI sebesar Rp 200.000.000 atas nama Junaidi Kecamatan Blambangan Umpu.(sah/wdi)

Komentar

Rekomendasi