oleh

Kasus Dugaan ASN Tak Netral Masuk Gakkumdu

RADARLAMPUNG.CO.ID- Dua kasus dugaan ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkot Bandarlampung sudah diregistrasi dan masuk pembahasan di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) setempat.

Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung Koordiv Penanganan Pelanggaran, Yahnu Wiguno Sanyoto mengatakan, rapat pembahasan awal sudah dilakukan bersama Gakkumdu setempat terkait temuan Panwascam Kemiling tentang foto bersama lurah Kemiling Permai Wamjaya di Posko Pemenangan salah satu paslonkada. Kemudian temuan soal dugaan Kepala Bappeda Kota Bandarlampung Khaidarmansyah yang menshare foto paslonkada melalui whatsapp group.

“Dua-duanya sudah diregistrasi, dan diteruskan ke penanganan dugaan pelanggaran pidana pemilu,”ucapnya, Rabu (21/10).

Dia melanjutkan, akan memanggil pihak terkait untuk melakukan pendalaman dan klarifikasi. Dimana, pihak pelapor dan terlapor. Kata Yahnu, berdasarkan aturannya, dirinya hanya memiliki waktu lima hari untuk menyelesaikan persoalan ini. “Senin depan kita akan rapat kedua bersama Gakkumdu,”ucapnya.

Sementara, Koordinator JPPR Lampung, Ervan Zain mengaku sudah dipanggil oleh Bawaslu setempat, untuk menerima surat laporan yang sudah diregistrasi bernomor  006/Reg/LP/PW/kota/08.01/X/2020 tentang dugaan ketidaknetralan Kepala Bappeda.

“Iya ini sudah diregistrasi.  Untuk hasilnya seperti apa, semua kita serahkan ke Bawaslu. Kami harap bisa ditindak sebagaimana aturan yang ada,” kata dia.

Diketahui, Jaringan Pendidik Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Lampung dan Komite Pemantau Kebijakan dan Anggaran Daerah (KPKAD) melaporkan adanya dugaan ketidaknetralan ASN.

Terkait laporan ini, Khaidarmansyah yang dikonfirmasi via ponselnya menolak berkomentar banyak. “Mohon maaf, saya enggak komentar. Tolong dimaklum,” katanya saat dikonfirmasi via whatsapp oleh radarlampung.co.id Senin (19/10).

Hal senada juga dikemukakan Lurah Kemiling Permai Wanjaya. Wartawan sempat mendatangi kantor Wanjaya Senin (19/10) namun, Wanjaya tidak berada ditempat. Sementara saat dikonfirmasi melalui ponselnya terkait dugaan foto bersama salah satu tim pemenangan, Wanjaya mengaku tengah tidak enak badan. “Nanti saja ya, saya lagi gak enak badan,” katanya Senin (19/10). (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi