oleh

Pjs Bupati Lamtim : ASN Pintar Netral di Pilkada

RADARLAMPUNG.CO.ID-Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lampung Timur Fredy SM kembali mengingatkan netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Hal itu disampaikan Fredy SM saat sosialisasi netralitas ASN kepada para pejabat eselon III dan IV di aula rumah dinas Bupati Lamtim, Rabu (21/10).

Menurutnya, di masa kampanya ini sangat rentan bagi para ASN terlibat pelanggaran.  Misalnya, mendukung salah satu pasangan calon. Baik itu, secara terang-terangan maupun melalui media sosial.

Motifnya antara lain, demi mempertahankan dan mendapatkan jabatan. Dilanjutkan, bila ada ASN yang tidak netral maka sesuai ketentuan perundangan yang berlaku dapat terkena sangsi administrasi dan pidana. “ASN yang pinter akan netral,”jelas Fredy SM.

Karenanya, Fredy SM berharap para ASN Lamtim melaksanakan tugas sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. “Yakinlah, bila bekerja lurus-lurus saja dan menjaga netralitas, pasti pimpinan akan mempertimbanhkan kinerja dalam promosi jabatan,”imbuh Fredy.

Diketahui sebelumnya, Pjs Bupati Lampung Timur Fredy SM mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) dan kepala desa agar menjaga netralitas pada Pilkada 2020.

Hal itu disampaikan Fredy SM saat membuka sosialisasi netralitas ASN dan kepala desa, Kamis (8/10). Menurutnya, bagi ASN dan yang tidak netral pada Pilkada 2020 akan dikenakan sangsi tegas. Baik itu, berupa sangsi administrasi maupun pidana. Itu sebagaiamana diatur dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Kemudian, peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN.

Begitu juga bagi kepala desa yang tidak netral juga dapat dikenakan sangsi administrasi dan pidana. Itu sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Kemudian undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota.

“Melalui sosialisasi ini, kami harap seluruh ASN dan kepala desa dapat menjaga netralitas pada Pilkada 2020 ini,”pesan Fredy pada acara yang juga dihadiri Kabag Ops Polrea Lamtim Kompol Syaouzar Mega, Kasdim 0429 Mayor Joko Subroto, Ketua Bawaslu Uslih, anggota KPU Desman Yusri, para kepala organisasi perangkat daerah, para camat dan kepala desa. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi