oleh

Program Ekonomi Kreatif Hasilkan Destinasi Wisata Baru di Tuba

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bantuan program ekonomi kreatif bergerak melayani warga (BMW) Pemkab Tulangbawang (Tuba) mulai membuahkan hasil. Bantuan yang digagas Bupati Tulangbawang Winarti tersebut saat ini sudah mulai dinikmati masyarakat.

Wisata Alam 21 salah satunya. Lokasinya berada di Kampung Aji Mesir, Kecamatan Gedungaji.

Ide awal munculnya wisata alam tersebut berawal dari bantuan program ekonomi kreatif. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kampung (Kakam) Aji Mesir Arbain.

Awalnya, ia bersama masyarakat yang tergabung dalam kelompok Karang Taruna Tunas Harapan dan kelompok PKK Wanita Bunda Kreatif kompak ingin membuat suatu gerakan perubahan. Bermodal uang tunai Rp40 juta dari program ekonomi kreatif. Munculah ide membuat destinasi wisata alam dengan mengembangkan potensi wisata yang ada di kampung.

“Modal awal kami Rp40 juta dari dua kelompok yang mendapatkan bantuan program ekonomi kreatif,” kata Arbain, Rabu (21/10).

Proses pengembangan wisata Alam 21 dilakukan dengan gotong-royong. Aparatur kampung dibantu oleh masyarakat.

Di lokasi tersebut, sekarang sudah berdiri delapan stand yang digunakan oleh emak-emak untuk berdagang. Ada juga pondok-pondokan, kapal klotok, dan berbagai macam kerajinan tangan yang dijajakan.

Pemkab Tulangbawang langsung bergerak mengembangkan wisata Alam 21 agar semakin ramai dikunjungi. Salah satunya dengan menggandeng Bank Lampung untuk membantu memperluas usaha dan tempat wisata tersebut.

“Sekarang pengunjung sudah hampir merata. Dari Lampung bahkan dari Palembang dan Jakarta. Melalui akun Facebook, mereka ingin ke Kampung Wisata Aji Mesir,” terang Arbain.

Namun, pihaknya masih menemui beberapa kendala untuk pengembangan tempat wisata tersebut.

“Banyak yang menanyakan villa atau tempat penginapan di sini. Ini yang menjadi pekerjaan rumah kami, mencukupi dan melengkapi sarana penunjang wisata,” tandasnya. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi