oleh

Bukit Batubara, Objek Wisata Alam Baru Lamteng

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puncak Bukit Batubara yang merupakan eks galian tambang batubara di Kampung Gedungharta, Kecamatan Selagailingga, Lampung Tengah, mulai dikembangkan masyarakat sekitar. Warga menyulapnya menjadi salah satu destinasi wisata alam. Dewan Riset Daerah (DRD) Lamteng sangat mendukung langkah ini.

“Kita sangat mendukung bila memang potensi sumber daya alam ini bisa dikelola masyarakat langsung. Kalau masyarakat yang mengelola, tentunya pemerintah daerah akan mendukung. Sebab, suara masyarakat akan diikuti pimpinan kepala daerah,” kata Ketua DRD Lamteng Ir. Anshori Djausal, M.T..

Bukit batubara, kata Anshori yang merupakan ketua Asosiasi Perusahaan Pertambangan Batubara Lampung ini, memang bekas galian tambang batu bara.

“Ya, memang bekas galian tambang batu bara. Tapi sudah cukup lama tidak beroperasi lagi. Sudah hampir sepuluh tahun. Saya lupa perusahaan dan pengelolanya. Memang kalau tambang ini nggak lama, pasti cepat pindah tangan,” ungkapnya.

Camat Selagailingga Wagiyo membenarkan Bukit Batubara menjadi wacana tempat wisata. “Ya, sedang diwacanakan masyarakat untuk menjadi tempat wisata. Kita sangat mendukung langkah ini. Artinya ada keinginan masyarakat mengelola SDA yang ada,” katanya.

Sedangkan anggota DPRD Lamteng M. Hakki menyatakan dirinya akan mendorong Bukit Batubara sebagai tempat wisata nasional. “Saya akan berusaha semaksimal mungkin menjadikan Bukit Batubara sebagai tujuan wisata tingkat nasional. Juga mengajak investor ikut berperan mewujudkan impian masyarkat Selagailingga khususnya. Kita akan undang paralayang profesional memperkenalkan Bukit Batubara. Paralayang akan terjun dari Puncak Bukit Batubara dan melihat keindahan alam,” katanya.

Dalam pengembangan objek wisata ini, Hakki berharap peran serta seluruh lapisan masyarakat. “Dibutuhkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan objek wisata ini. Khususnya dalam menjaga kamtibmas. Ini supaya masyarakat yang berkunjung bisa merasa aman dan nyaman,” ungkapnya.

Diketahui untuk berkunjung ke Bukit Batubara, wisatawan menempuh jarak sekitar 102 km atau 3-4 jam perjalanan dari Bandarlampung. Panorama alam bisa dilihat dari Puncak Bukit Batubara yang dulu bernama Bukit Sulah Batu Perdana.

Dalam perjalanan ke Bukit Batubara, pengunjung juga melewati keindahan alam sungai yang masih alami. Di Puncak Batubara, pengunjung bisa mengabadikan momen foto-foto dengan background panorama alam yang eksotik. (sya/sur)

Komentar

Rekomendasi