oleh

Belum Sepekan, Sudah Ditemukan 6 Kasus Baru Covid-19 di Tubaba

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) maupun Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah setempat tampaknya harus bekerja lebih ekstra lagi dalam upaya pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut. Sebab belum genap satu pekan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) sudah bertambah 6 (enam) orang. Dengan penambahan kasus baru ini, total ada 13 pasien yang kini sedang menjalani perawatan dan 3 diantaranya merupakan tenaga kesehatan berstatus ASN yang bertugas di puskesmas.

Berdasarkan data dan informasi yang diterima dari Juru Bicara Satgas Covid-19 Tubaba, Eri Budi Santoso, S.Sos, MH, enam pasien baru tersebut yakni Ny. S (47) warga Kelurahan Panaragan Jaya-Tulang Bawang Tengah, seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Rawat Jalan Marga Kencana-Tulang Bawang Udik yang terkonfirmasi positif berdasarkan Hasil Pemeriksaan Swab pada Labkesda Provinsi Lampung tanggal 20 Oktober 2020.

Lalu, Ny. SI (44), warga Kagungan Ratu-Tulang Bawang Udik, Ny.SM (31) warga Panaragan Jaya-Tulang Bawang Tengah, dan Tn. F (65) warga Daya Asri-Tumijajar. Ketiganya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan Hasil Pemeriksaan Swab pada Labkesda Provinsi Lampung tanggal 22 Oktober 2020. Dua pasien lainnya yakni Ny. ES (50)  dan Tn. IM (51). Mereka adalah warga Kelurahan Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 tanggal 21 Oktober 2020 asal Tubaba yang di isolasi di RSUD Lampung Timur.”Sedangkan empat pasien baru lainnya menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Tubaba,”terangnya melalui pesan WhatsApp, Jum’at (23/10).

“Selanjutnya, tim medis penanganan Covid-19 Kabupaten Tubaba akan  melakukan tracking terhadap orang – orang yang pernah kontak erat dengan keenam pasien baru tersebut,”ucapKepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tubaba ini. Dengan penambahan 6  pasien ini, maka jumlah pasien  positif Covid-19 di Tubaba yang sedang menjalani perawatan berjumlah 13 orang, yakni di RSUD Tubaba 8 orang, di RSUD Abdoel Moeloek 2 orang, di RS YMC 1 orang, dan 2 orang di RSUD Lampung Timur.

Diketahui, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tubaba beberapa waktu lalu melakukan rapid test massal terhadap seluruh tenaga kesehatan dan non kesehatan yang bertugas setiap puskesmas di daerah setempat. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap penyebaran penularan Covid-19 di kalangan tenaga kesehatan, sebab ditemukan kasus terkonfirmasi positif di kalangan tenaga kesehatan.

Berdasarkan data dan informasi dari Kepala Dinkes Tubaba, diketahui bahwa tenaga kesehatan pertama adalah Nn. E (34), berstatus ASN di Puskesmas Poned Mulya Asri yang dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab Labkesda Provinsi Lampung tanggal 7 Oktober 2020. Lalu, hasil tracking terhadapnya didapatkan kasus baru yakni Ny. DR (34), warga Pulung Kencana-Tulang Bawang Tengah, yang juga merupakan tenaga kesehatan di puskesmas yang sama. Ny. DR terkonfirmasi positif Covid-19 hasil pemeriksaan swab pada Labkesda Provinsi Lampung tanggal 12 Oktober 2020. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi