oleh

Makalah Terdaftar Dalam Konferensi Internasional Sains Itera Bakal Diterbitkan Dalam Bentuk Prosiding Internasional

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 204 abstrak telah diserahkan peneliti dan mahasiswa dari universitas dan pusat penelitian, dari berbagai lokasi di Indonesia. Juga dari negara lain. Untuk kemudian dibahas dalam konferensi internasional sains, teknologi infrastruktur, dan pembangunan wilayah atau Icositer ke-5 Itera, Jumat (23/10).

Rektor Itera Prof Ofyar.Z.Tamin menuturkan, Icositer merupakan seminar skala internasional yang diadakan secara rutin oleh Itera sejak tahun 2016 lalu. Seminar dimaksudkan untuk mengenalkan Itera kepada dunia internasional juga sebagai langkah awal menjalin kerja sama di bidang penelitian maupun pendidikan.

Ia juga menyampaikan, makalah yang terdaftar dan dipresentasikan dalam Icositer tersebut akan diterbitkan dalam bentuk prosiding internasional dan beberapa paper terpilih juga akan diterbitkan di jurnal bereputasi.

“Jadi, selain sebagai sarana dalam berbagi pengalaman hasil penelitian antar sesama peneliti di Indonesia maupun luar negeri, seminar ini juga untuk memfasilitasi para dosen Itera untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah Internasional yang terindeks Scopus,” kata Rektor saat pembukaan Icositer, Jumat (23/10).

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Prof Mitra Djamal mengatakan, tema yang diusung dalam Icositer tahun ini yakni Industry 4.0-based science and technology for national independence and progress, yang diselenggarakan pada 23-24 Oktober secara daring.

Ia menambahkan, konferensi internasional tersebut juga untuk mempertemukan organisasi, perusahaan, pemangku kepentingan, dan universitas yang aktif di bidang teknologi dan infrastruktur.

“Saya berharap semua peserta mendapatkan manfaat yang besar dari diskusi yang bermanfaat selama konferensi,” pungkasnya.

Icositer kali ini menghadirkan sembilan pembicara utama dari berbagai perguruan tinggi dunia. Di antaranya dari Jepang, Belanda, Thailand, dan lainnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi