oleh

Pembakar Kitab Suci Jadi Tersangka Dugaan Penistaan Agama 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penyidik Polresta Bandarlampung menetapkan satu tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama di Telukbetung Selatan. Ia adalah GN, warga Jalan WR. Supratman, Gunungmas.

Kasatreskrim Polresta Bandarlampung Kompol Resky Maulana mengatakan, kasus ini dilaporkan oleh MY alias A (20), warga Kecamatan Bumiwaras.

Diketahui, keributan tersebut terjadi Selasa (20/10). Awalnya GN menuduh mencuri velg mobilnya.

Namun A membantah tudingan itu. Lantas GN menantangnya untuk mengencingi kitab suci Al Quran. Karena tertekan akan dipukuli, A melakukan hal tersebut.

Tidak lama berselang, A mendapat kabar bahwa kitab suci tersebut sudah dirobek dan dibakar oleh GN dan satu orang lainnya.

Alasannya karena najis sudah terkena air kencing. Ia kemudian melaporkan hal tersebut ke polisi.

Resky menuturkan, berdasar hasil pemeriksaan penyidik, pelaku perusakan kitab suci adalah GN. “Dia yang membakar dan merusak (kitab suci),” kata Resky, Jumat (23/10).

GN ditahan, 1×24 setelah kasus tersebut dilaporkan. “Statusnya sudah tersangka. Ia ditahan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan kemungkinan jika ada pelaku lain,” sebut dia.

Lebih lanjut Resky mengatakan, GN akan dijerat tiga pasal. Di antaranya pasal perbuatan tidak menyenangkan dan penodaan agama.

“Kita kenakan pasal 335 dan 170 serta 156a KUHP (penodaan agama),” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi