oleh

Peringati HORI Ke-74, KPPN Metro Gelar Donor Darah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Peringati Hari Oeang RI (HORI) ke-74, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Metro gelar donor darah, pada Jumat (23/10), di area KPPN setempat.

Burhani AS selaku Kepala KPPN Metro menuturkan, peringatan HORI merupakan momentum terbitnya mata uang Oeang Republik Indonesia (ORI) pertama kali sebagai salah satu simbol kemerdekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang jatuh pada 30 Oktober 2020.

Kali ini, Hari Oeang RI mengambil tema “Peduli, Responsif, Adaptif Atasi Pandemi, Bangkitkan Ekonomi” yang menjadi sangat relevan dalam menghadapi situasi saat ini.

Kesempatan ini juga menjadi momentum untuk mengajak semua lapisan masyarakat berpartisipasi aktif dalam Program Pemulihan Ekonomi (PEN) yang menjadi kebijakan prioritas Kementerian Keuangan.

Kegiatan donor darah HORI ke-74 di KPPN Metro diawali dengan pelaksanaan Senam Pagi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan 3M: Mencuci tangan secara rutin, Menggunakan masker dan hand sanitizer, dan Menjaga jarak aman.

Kegiatan senam yang diikuti oleh pegawai dan PPNPN pada KPPN Metro dan Pegadaian Metro merupakan salah satu usaha untuk menjaga kesehatan dalam masa Pandemi COVID-19.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan donor darah oleh UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Metro. Kegiatan donor darah ini selain diikuti oleh PPNPN dan pegawai KPPN Metro, juga melibatkan para stakeholder dari internal Kemenkeu seperti dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Metro, maupun dari instansi lain, yaitu Pegadaian Cabang Metro, Polres Metro, dan IAIN Metro.

“Dari hasil donor darah tersebut, terkumpul 20 kantung darah untuk kemudian disumbangkan ke PMI Kota Metro,” ucapnya, Jumat (23/10).

Ya, selama pandemi Covid-19 stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) semakin berkurang. Padahal, stok darah tetap dibutuhkan bagi pasien yang saat ini dalam kondisi kritis. Banyak instansi maupun kelompok masyarakat yang sudah menjadwalkan donor darah kemudian membatalkan kegiatannya karena takut tertular Covid-19.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam membantu sesama. Saya berharap kegiatan donor darah ini mampu menggerakkan hati masyarakat untuk ikut berkontribusi. Setetes darah kita hari ini, bisa memberikan harapan yang sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya. (pip/sur)


Komentar

Rekomendasi