oleh

Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Bernarda Isti Wahyuwardani, S.Pd. (*)

RADARLAMPUNG.CO.ID – Saat ini, dunia sedang diuji dengan suatu permasalahan kesehatan yaitu Pandemic Corona (Covid-19). Tentu saja hal ini yang sangat berpengaruh pada setiap aspek kehidupan.

Untuk mencegah penularan Covid-19 yang semakin merajalela, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk memindahkan ruang belajar ke dunia maya.

Program tersebut bernama Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ). Bersarkan program PJJ, diharapkan peserta didik dapat memanfaatkan gawai dan jaringan internet untuk mendapatkan materi pembelajaran dari guru di sekolah.

Peranan teknologi, sangat berpengaruh dewasa ini terhadap pembelajaran. Semua pihak baik siswa dan tenaga pengajar dituntut untuk dapat mengupgrade kemampuannya untuk lebih dapat mengaplikasikan penggunaan teknologi ke dalam pembelajaran.

Hal lain yang patut dicermati dari teknologi adalah adanya kemudahan bagi para siswa untuk belajar secara mandiri, bisa menggunakan bahan belajar tertulis dan sebagainya melalui komputer/gawai, smartphone dan internet, guru dapat berinovasi dengan menjadi actor di media youtube.

Pembelajaran jarak jauh, dikenal dengan istilah e-learning sebagai pengganti metode pembelajaran konvensional. Tidak mudah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Adanya faktor keterbatasan media teknologi, kemampuan dalam mengoperasikan media teknologi dan aplikasi-aplikasi yang ada di dunia tekologi menuntut kita semua untuk dapat keluar dari zona nyaman. Dengan kata lain, pembelajaran jarak jauh memiliki tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Ditinjau dari segi tenaga pengajar, kreativitas para pengajar sangat dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Setiap tenaga pengajar harus menyadari bahwa mereka harus keluar dari gaya konvensional. Mereka juga dituntut harus lebih inovatif dalam menyiapkan materi dan mekanisme pembelajaran termasuk memanfaatkan seluruh potensi teknologi yang ada untuk membantu pelaksanaan pembelajaran.

Salah satu tipe pembelajaran online yang digunakan oleh Sekolah Darma Bangsa adalah google classroom dengan penggunaan akun Google Suite for education yang bersifat asynchronous online dengan kecepatan rendah dan bandwidth rendah/ online asynchronous with low immediacy and low bandwidth.

Selain itu Sekolah Darma Bangsa juga menggunakan zoom cloud application sebagai salah satu tipe pembelajaran online yang bersifat sinkron online dengan kecepatan tinggi dan bandwidth tinggi/online synchronous with high immediacy and high bandwidth. Di masa pandemic covid ini, kita harus bergerak bersama, maju bersama untuk tetap mencerdaskan anak bangsa dengan tetap memperhatikan rambu-rambu kesehatan dari pemerintah. Tidak ada kata menyerah demi menuju suatu keberhasilan. (*)

*Penulis adalah salah satu Guru bahasa inggris

Komentar

Rekomendasi