oleh

HK Siapkan Skenario Jelang Libur Panjang

Tambahan Gardu GT Hingga Rest Area untuk Lokasi Sementara Pengendara yang Mau Menyebrang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menjelang masuknya libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pekan ini, PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) telah menyiapkan beberapa skenario dalam menekan antrean kendaraan di JTTS.

Branch Manajer PT HK Cabang Bakter Hanung Hanindito mengatakan, sejumlah antisipasi akan dilakukan. Termasuk menerapkan protokol kesehatan, sebagai upaya menekan angka penularan Covid-19 di Lampung.

“Untuk libur panjang 29 sampai 31 Oktober besok kami tetap menyiapkan seperti yang kami alami saat libur panjang sebelum nya, yang berbeda ialah satu yaitu penambahan penerapan protokol Covid-19. Protokol kesehatan pertama penggunaan APD (alat pelindung diri), masker, physical distancing, dan pemisahan antar manusia di toilet dan musholla di rest area yang sudah aktif,” beber Hanung.

Menurut Hanung, pihaknya telah melakukan pemetaan titik macet. Pertama KM 00 pertemuan Bakauheni, atau gerbang tol (GT) Bakauheni Selatan dan GT Kota Baru, Bandarlampung.

“Antisipasinya ada penambahan dua gardu masuk setiap gerbang. Dan antisipasi arus balik, kami telah berkoordinasi dengan teman-teman ASDP dengan meminjamkan reat area KM 20 jalur B menuju pelabuhan untuk menghindari penumpukan kendaraan,” lanjutnya.

Rest area ini dimaksudkan untuk penghalau kendaraan yang akan menyebrang melalui Pelabuhan Bakauheni. Di mana jika masyarakat yang akan menyberang dalam waktu lebih dari dua jam diminta untuk ke rest area dahulu. Untuk menghindari penumpukan.

Hal itu dimaksudkan agar perkiraan waktu pembelian tiket yang telah disesuaikan oleh pengendara sesuai. Dan menghindari lamanya bongkar muat atau sistem eror.

Sementara soal prediksi puncak arus mudik disebut Hanung diprediksi pada 29 Oktober. “Karena 30 Oktober pada Jumat, mungkin orang-orang sudah ada yang melakukan perjalanan ke Sumatera. Arus balik kami perkirakan tanggal 1, karena tanggal 2 hari Senin sudah kerja lagi. Prediksi kenaikan kali pada masa idul adha hampir mendekati 100% kapasitas tol kami,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi