oleh

Bawaslu Kota Teruskan Masalah Dugaan Netralitas ASN ke KASN

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bawaslu Kota Bandarlampung dan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) angkat bicara terkait dugaan adanya pelanggaran netralitas ASN di Pilwakot Bandarlampung. Setelah melakukan klarifikasi terhadap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Khaidarmansyah dan Lurah Kemiling Permai Wanjaya, anggota Bawaslu Yahnu Wiguno menyatakan, tak ditemukan adanya pelanggaran pidana pemilu. Namun, kata dia, Bawaslu Kota Bandarlampung tetap akan membawa persoalan ini ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Iya, Bawaslu Kota Bandarampung meneruskan dugaan pelanggaran netralitas ASN kepada instansi yang berwenang untuk memberikan sanksinya sebagaimana diatur dalam UU Nomor 5/2014 Tentang ASN, yaitu Komisi Aparatur Sipil Negara,” ujarnya, Senin (26/10).

Yahnu bilang, keduanya berkaitan dengan etik dan kode perilaku sebagai ASN. Pasca putusan ini, pihaknya hanya bisa menunggu kepastian dan putusan dari KASN, untuk kemudian memberikan rekomendasi sanksi berdasarkan hasil dokumen putusan Bawaslu. “Nanti yang memutuskan adanya pelanggaran kode etik dan kode perilaku pegawai ASN ya KASN, makanya diteruskan ke KASN karena KASN berwenang untuk memeriksa dokumen terkait pelanggaran norma dasar serta kode etik dan kode perilaku pegawai ASN,” ujarnya.

Sebelumnya, saat dimintai konfirmasi terkait adanya dugaan akun whatsapp yang meneruskan gambar paslonkada, Kepala Bappeda Kota Khaidarmansyah enggan berkomentar. “Mohon maaf, saya enggak komentar. Tolong dimaklum,” ringkasnya kepada Radar Lampung melalui pesan WhatsApp, Senin (19/10).

Sementara, Lurah Kemiling Permai Wanjaya juga menolak berkomentar. Saat ditemui usai diperiksa Bawaslu Jumat (23/10) dirinya menyebut foto dirinya dengan salah satu tim pemenangan bukan hal yang disengaja. “Terkait berapa pertanyaan dan apa yang ditanya, saya kurang paham, takut salah atau gak sama, jadi bisa ditanya ke Bawaslu. Yang jelas masalah seputar itu (Foto, red), itu bukan disengaja. Maaf ya,” singkatnya kepada Radarlampung.co.id, Jumat (23/10). (abd/wdi)

 

Komentar

Rekomendasi