oleh

Pilkati Serentak Tubaba 16 Desember, Protokol Kesehatan Wajib Dipatuhi

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) tetap akan digelar pada tanggal 16 Desember mendatang. Terkait gelaran pesta demokrasi di tingkat tiyuh tersebut, Pemkab Tubaba mengingatkan semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan, mengingat pilkati serentak tahun 2021 ini akan berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Mulai dari panitia pilkati, para calon kepala tiyuh, warga masyarakat selaku pemilih, dan pihak-pihak terkait wajib mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya saat pemungutan suara, setiap tahapan yang dilaksanakan wajib mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya adalah seperti tahapan kampanye calon,”tegas Mansyur Ys, SE, MM, Kabag Tapem Setdakab Tubaba, di ruang kerjanya, Senin (26/10).

Menurutnya, kegiatan kampanye masing-masing calon dilakukan dalam bentuk dialogis atau pertemuan tatap muka, namun jumlah peserta dibatasi dan wajib menerapkan protokol kesehatan saat pertemuan (kampanye) berlangsung.”Jadwal kampanye hanya 3 hari, yakni tanggal 10-12 Desember 2020. Paling banyak 25 orang setiap pertemuan. Semua yang hadir wajib memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan jaga jarak satu sama lain,”terangnya.

Terkait penerapan protokol kesehatan tersebut, pihaknya akan melibatkan Satgas Covid-19 tingkat kecamatan guna memastikan protokol kesehatan berjalan baik sesuai dengan ketentuan.”Jika tidak sesuai dengan protokol kesehatan, satgas bisa membubarkan kegiatan pertemuan atau kampanye tersebut. Hal ini adalah bentuk ketegasan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,”ujarnya.

Di satu sisi, Mansyur juga mengingatkan agar seluruh calon tidak menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan, seperti politik uang untuk mempengaruhi pemilih.”Kalau sampai itu terjadi, akan ada sanksi, mulai dari ringan sampai berat, bahkan hingga diskualifikasi calon. Kami panitia kabupaten berharap pesta demokrasi ditingkat tiyuh berjalan tertib, lancar dan sukses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”tandasnya.

Diketahui, pilkati serentak tahun ini dilaksanakan di 5 (lima) tiyuh, tersebar di 3 (tiga) kecamatan. Di Kecamatan Tulang Bawang Tengah akan dilaksanakan di Tiyuh Panaragan (3 calon), Penumangan Baru (4 calon), dan Mulya Kencana (5 calon). Kemudian Tiyuh Gunung Katun Tanjungan di Kecamatan Tulang Bawang Udik (5 calon) dan Tiyuh Bangun Jaya Kecamatan Gunung Agung (3 calon).”Saat ini masih tahapan verifikasi mata pilih mencakup DPS sampai dengan  DPT oleh panitia pilkati di tingkat tiyuh. DPT atau mata pilih tetap akan disahkan tanggal 20-22 November 2020,”imbuh Mansyur. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi