oleh

Nilai Investasi di Pesawaran Meningkat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Grafik investasi di Pesawaran kurun waktu dua tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu tidak terlepas dari komitmen Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam memberikan pelayanan publik

Kepala DPMPTSP Pesawaran Singgih Pebriantoro mengatakan, komitmen peningkatan pelayanan publik tertuang dalam nota kesepahaman antara Pemkab Pesawaran dengan Ombudsman RI pada 2018 lalu.

“Salah satu wujud komitmen itu dengan tersedianya gedung DPMPTSP dan sarana prasarananya,” ungkap Singgih, Selasa (27/10).

Peningkatan pelayanan publik juga dilakukan melalui pelayanan keliling. Hal itu merujuk UU Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik dan
Permendagri Nomor 138/ 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Di mana, pelayanan keliling dilaksanakan sebagai bentuk komitmen DPMPTSP Pesawaran dalam memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan langsung kepada masyarakat.

“Rentang jarak yang jauh dari kecamatan ke kabupaten membuat DPMPTSP harus memiliki inovasi dalam memberikan pelayanan. Dengan upaya jemput bola ini, diharapkan masyarakat dapat terlayani langsung dan memberikan manfaat,” ucapnya.

Pelayanan keliling berdampak positif terhadap peningkatan nilai investasi  dan tercapainya target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Walaupun pada saat ini sedang terjadi pandemi virus Corona, namun inovasi yang dilakukan, dapat meminimalisir pengaruh terhadap sektor dunia usaha,” pungkasnya.

Diketahui, nilai investasi di Pesawaran naik secara signifikan dari target pada tahun 2018 sebesar Rp395,78 miliar, meningkat menjadi Rp455,73 miliar pada 2019.

Kemudian PAD terealisasi hingga 101 persen dari target Rp750 juta. Hingga Oktober 2020, sudah tercapai Rp758,9 juta. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi