oleh

Libur Panjang, Pengawasan Keamanan Bandara Raden Inten II Ditingkatkan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengawasan keamanan di Bandara Raden Inten II ditingkatkan dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang pada cuti bersama. Salah satunya pengendalian protokol kesehatan aman Covid-19.

EGM Bandara Radin Inten II M. Hendra Irawan mengatakan, sesuai arahan dari regulator dan perusahaan bandara, dilakukan berbagai langkah kesiagaan operasional serta pemastian keselamatan penerbangan.

“Upaya memastikan keamanan penerbangan, kami melakukan random check terhadap kendaraan yang akan masuk, berkolaborasi dengan BKO TNI AU dan Polda Lampung,” kata M. Hendra Irawan, Rabu(28/10).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak bandara melakukan peningkatan pengawasan protokol kesehatan di lapangan dengan membentuk tim piket siaga operasi.

“Peningkatan koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang, maskapai dan stakeholder terkait lainnya sebagai bagian dari tindak lanjut koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Lampung maupun Kantor Otoritas Wilayah Kerja I Soekarno-Hatta,” urainya.

Selain itu, dalam rangka memastikan keselamatan operasi penerbangan, khususnya mengantisipasi datangnya musim penghujan, pihaknya juga melakukan rapat koordinasi runway safety team dan peningkatan frekuensi inspeksi serta pemeliharaan terhadap fasilitas.

“Termasuk infrastruktur dan kesisteman bandara meliputi runway, taxiway, apron, terminal dan kelistrikan bandara,” tandasnya.

Sementara, sepanjang Oktober 2020, Bandara Radin Inten II Lampung telah melayani jumlah pesawat sebanyak 347 pergerakan atau meningkat sebesar 1,17 persen dari September 2020.

“Sedangkan untuk penumpang yang telah dilayani sepanjang Oktober 2020 sebanyak 28.852 orang atau meningkat sebesar 9,85 persen dibandingkan jumlah penumpang pada periode yang sama bulan sebelumnya,” ungkap Irawan.

Irawan menuturkan, jumlah pergerakan tertinggi penumpang diprediksi terjadi pada hari ini. Berdasar data yang masuk sementara hingga pukul 15.00 WIB, jumlah penumpang yang telah dilayani sebanyak 1.386 orang. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi