oleh

Target Satu Pekon di Tanggamus Satu Pangkalan Elpiji

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jumlah pangkalan gas elpiji di Tanggamus menjadi 318 tempat. Sebelumnya hanya 145 pangkalan. Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pasokan elpiji.

Kabag Perekonomian Setkab Tanggamus Firmalinda mengatakan, hal itu merupakan target dari PT Pertamina dan surat edaran dari Pemprov Lampung untuk memperbanyak jumlah pangkalan elpiji.

“Kami kirimkan surat ke seluruh kecamatan, diteruskan ke pekon-pekon supaya perbanyak pangkalan elpiji. Targetnya satu pekon satu pangkalan,” kata Firmalinda.

Upaya tersebut telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Sampai saat ini, laporan yang diterima, sudah ada 318 pangkalan.

Pangkalan itu telah mendapatkan izin dan langsung beroperasi. Untuk penerbitan izin diputuskan PT Pertamina berdasar kesepakatan dan aturan lainnya.

“Teknis pendirian pangkalan, mulanya dari kecamatan yang mengajukan calon pangkalan. Lalu Pertamina survei. Jika sesuai dan sanggup melaksanakan kesepakatan, maka diberi izin sebagai pangkalan,” terangnya.

Lanjutnya, tidak semua usulan calon pangkalan disetujui. Sebab harus ada berbagai persyaratan yang dipenuhi. Mulai dari kelayakan tempat, titik lokasi, sampai hal-hal yang harus dilaksanakan.

Hal itu bertujuan agar ada kelayakan pangkalan, terciptanya penyebaran pangkalan, agar tidak terlalu berdekatan antar pangkalan. Kemudian tidak melakukan penimbunan dan sanggup menjual gas elpiji sesuai harga eceran tertinggi (HET).

“Saat ini memang belum seluruhnya satu pekon satu pangkalan. Ini karena kondisi lapangan. Seperti ada pekon yang masih menggunakan transportasi laut. Stok elpiji harus banyak. Sebab melayani penjualan bagi pengecer elpiji,” urainya. (ehl/rnn/ais)

 

Komentar

Rekomendasi