oleh

Tubaba Siap Gelar TIBF, Bubu Jadi Karya Instalasi Utama

RADARLAMPUNG.CO.ID- Sebuah event berskala internasional akan dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), yaitu Tubaba International Bamboo Festival (TIBF), dipusatkan di Kawasan Kota Budaya Ulluan Nughik, pada tanggal 6 – 8 November 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekolah Seni Tubaba dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pemkab Tubaba,  serta dikuratori oleh Gede Kresna.

Ketua Panitia TIBF, Salim Try, menjelaskan bahwa, TIBF merupakan gelaran yang menjadikan bambu sebagai pokok bahasan (subject matter). Di dalamnya didistribusikan pengetahuan bambu dengan spektrum yang luas: arsitektur, seni kriya, seni pertunjukan, kuliner, dan pengetahuan tradisional. Selain itu, festival ini memiliki sejumlah agenda, yaitu penerbitan buku, pameran, workshop, seni pertunjukan, penanaman pohon bambu, dan permainan rakyat.

Buku yang akan diterbitkan berjudul “Menjaga Bambu Nusantara dari Tubaba”. Buku ini ditulis oleh 10 pegiat bambu dari berbagai latar belakang mulai dari akademisi, arsitek, pelaku industri bambu, pegiat kriya, sampai dengan seniman pertunjukan.”Penerbitan buku tersebut diharapkan bisa berkontribusi bagi literasi bambu di Indonesia. Launching buku akan ditayangkan secara daring,”ungkap Salim. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi