oleh

Operasi Zebra di Masa Pandemi Tanpa Penindakan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satuan Lalulintas Polres Lampung Timur menggelar operasi Zebra Krakatau di jalan Raya Kecamatan Pekalongan, Senin (2/11).

Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan melalui Kasat Lantas AKP Ikhwan Syukri menjelaskan, Operasi Zebra Krakatau 2020 lebih menekankan imbauan kepada masyarakat untuk tertib dan patuh dalam berkendara.

Menurutnya, pada operasi zebra tahun ini tidak ada penindakan penilangan. Namun, lebih menekankan pada tindakan simpatik kepada pengguna jalan. Harapannya, masyarakat akan lebih tertib dan patuh dalam berkendara dan mematuhi protokol kesehatan.

“Bagi masyarakat yang tertib dalam berkendara diberikan souvenir sebagai bentuk sanjungan dan ucapan terima kasih personil Lalulintas kepada masyarakat,” kata AKP Ikhwan Syukri.

Sebelumnya, Satuan Lalulintas Polres Lampung Timur menggelar gebyar operasi zebra simpatik, Jumat (30/10).

Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan melalui Kasat Lantas AKP Ikhwan Sukri menjelaskan, pembagian masker dan helm yang dilaksanakan di Jl. Ir. Sutami Kecamatan Bandarsribowono itu merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka operasi Zebra Krakatau.

Dilanjutkan, sasaran dari operasi yang dilaksanakan mulai 26 Okober hingga 8 November 2020 itu antara lain, tidak menggunakan helm, kendaraan melebihi batas muatan (Over Dimensi dan Over Loading), dan penerapan protokol kesehatan.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai amanat Kapolri, mulai Jumat (30/10) sistem operasi Zebra berubah. Yaitu, yang tadinya ada penindakan hukum (tilang) bagi pengendara yang melanggar, kini dirubah dengan tindakan preentif dan preventif dengan cara simpatik. (wid/sur)

Komentar

Rekomendasi